Senin, 27 April 2009

RPP PAI kls VIII

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP) 1.1

Sekolah

:

SMP

Mata Pelajaran

:

Pendidikan Agama Islam

Kelas /Semester

:

VIII/1

Standar Kompetensi

:

1. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra

Kompetensi Dasar

:

1.1. Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra

Indikator

· Menjelaskan pengertian Qalqalah

· Menyebutkan huruf-huruf Qalqalah

· Menunjukkan lafaz yang mengandung bacaan qalqalah

· Menjelasakan pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra

· Menjelasakan pengertian lafdzu jalalah

· Membedakan lam dan ra' merupakan bacaan tafkhim atau tarqiq

Alokasi Waktu

:

3 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat memahami pengertian dan huruf Qalqalah, menjelasakan pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra serta membedakan tafkhim dan tarqiq baik pada lam maupun ra'.

Materi Pembelajaran

  • Pengertian Qalqalah
  • Huruf-huruf Qalqalah
  • Lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
  • Pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra
  • Lafdzu jalalah
  • Perbedaan bacaan tafkhim atau tarqiq pada lam dan ra'.

Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama

Kegiatan Pendahuluan

  • Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti

· Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan qalqalah beserta huruf-hurufnya.

· Siswa berdiskusi untuk mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan lafaz-lafaz yang mengandung bacaan qalqalah.

· Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup

· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Pertemuan kedua

Kegiatan Pendahuluan

  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti

· Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra.

· Siswa berdiskusi untuk mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan lafaz-lafaz yang mengandung bacaan tafkhim dan tarqiq.

· Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup

· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar

· Buku PAI Kelas VIII Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga

· LKS MGMP PAI SMP

· Mushaf Al-Quran

Penilaian

Teknik

· Tes tertulis

Bentuk Instrumen

· Tes uraian

· Tes isian

Instrumen

1. Jelaskan pengertian qalqalah!

2. Sebutkan huruf-huruf qalqalah!

3. Jelaskan pengertian tafkhim !

4. Jelakan pengertian tarqiq

5. Apakah yang dimaksud lam jalalah!

Isilah dengan jawaban yang tepat !

a TAFKHIM = Jika lafaz mengandung bacaan tafkhim

a TARQIQ = Jika lafaz mengandung bacaan tarqiq

عَذَابُ اللهِ

خَزَائِنُ اللهِ

أَلَيْسَ اللهُ

مِنْ دُونِ اللهِ

قُلِ اللهُ

1.

2.

3.

4.

5.

كَرْبٍ

فِرْعَوْنَ

زُرْتُمُ

وَالْفُرْقَانَ

وَاْلأَرْضُ

6.

7.

8.

9.

10.

Semarang, Juli 2006

Mengetahui Guru Mapel PAI

Kepala Sekolah

_________________ _________________

NIP NIP

Saran Kepala Sekolah :

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP) 1.2

Sekolah

:

SMP

Mata Pelajaran

:

Pendidikan Agama Islam

Kelas /Semester

:

VIII/1

Standar Kompetensi

:

1. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra

Kompetensi Dasar

:

1.2. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar

Indikator

· Mepraktekkan bacaan qalqalah dalam ayat-ayat pilihan

· Mempraktekkan bacaan tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan

Alokasi Waktu

:

1 X 40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat Mepraktekkan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan.

Materi Pembelajaran

  • Bacaan qalqalah dalam ayat-ayat pilihan
  • Bacaan tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan

Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

  • Apersepsi
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti

· Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq.

· Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.

· Guru bertindak sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup

· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar

· Buku PAI Kelas VIII Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga

· LKS MGMP PAI SMP

· Mushaf Al-Quran

· VCD pembelajaran

Penilaian

Teknik

Tes unjuk kerja

Bentuk Instrumen

Tes identifikasi

Instrumen

Bacalah potongan-potongan ayat berikut dengan memperhatikan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq!

تَبَّتْ يَدَا أَبِيْ لَهَبٍ وَتَبَّ (۱) مَآ أَغْنى عَنْهُ مَالُه وَمَا كَسَبَ (٢) سَيَصْلى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ (٣) وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ (٤) فِي جِيْدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ (٥) ( اللهب : ۱-٥)

وَمَنْ يُهِنِ اللهُ فَمَا لَه مِنْ مُكْرِمٍ إِنَّ اللهَ يَفْعَلُ مَا يَشَآءُ ( الحج : ۱٨)

Rubrik/Pedoman penilaian :

Aspek yg dinilai

Indikator kemampuan

Nilai

· Kelancaran

· Bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq

· Makhraj

· Membaca dengan lancar

· Tidak melakukan kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya

100

· Membaca dengan lancar

· Melakukan 1-2 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya

90

· Melakukan 3-4 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya

80

· Melakukan 5-6 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya

70

· Melakukan 7-8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya

60

· Melakukan lebih dari 8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya

50

Semarang, Juli 2006

Mengetahui Guru Mapel PAI

Kepala Sekolah

_________________ _________________

NIP NIP

Saran Kepala Sekolah :

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................


catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar