Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.1
Sekolah | : | SMP |
Mata Pelajaran | : | Pendidikan Agama Islam |
Kelas /Semester | : | VIII/1 |
Standar Kompetensi | : | 1. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra |
Kompetensi Dasar | : | 1.1. Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra |
Indikator | | · Menjelaskan pengertian Qalqalah · Menyebutkan huruf-huruf Qalqalah · Menunjukkan lafaz yang mengandung bacaan qalqalah · Menjelasakan pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra · Menjelasakan pengertian lafdzu jalalah · Membedakan lam dan ra' merupakan bacaan tafkhim atau tarqiq |
Alokasi Waktu | : | 3 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami pengertian dan huruf Qalqalah, menjelasakan pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra serta membedakan tafkhim dan tarqiq baik pada lam maupun ra'.
Materi Pembelajaran
- Pengertian Qalqalah
- Huruf-huruf Qalqalah
- Lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
- Pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra
- Lafdzu jalalah
- Perbedaan bacaan tafkhim atau tarqiq pada lam dan ra'.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan qalqalah beserta huruf-hurufnya.
· Siswa berdiskusi untuk mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan lafaz-lafaz yang mengandung bacaan qalqalah.
· Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Pertemuan kedua
Kegiatan Pendahuluan
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra.
· Siswa berdiskusi untuk mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan lafaz-lafaz yang mengandung bacaan tafkhim dan tarqiq.
· Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
· Buku PAI Kelas VIII Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga
· LKS MGMP PAI SMP
· Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
· Tes tertulis
Bentuk Instrumen
· Tes uraian
· Tes isian
Instrumen
1. Jelaskan pengertian qalqalah! 2. Sebutkan huruf-huruf qalqalah! 3. Jelaskan pengertian tafkhim ! 4. Jelakan pengertian tarqiq 5. Apakah yang dimaksud lam jalalah! |
Isilah dengan jawaban yang tepat !
a TAFKHIM = Jika lafaz mengandung bacaan tafkhim
a TARQIQ = Jika lafaz mengandung bacaan tarqiq
عَذَابُ اللهِ | خَزَائِنُ اللهِ | أَلَيْسَ اللهُ | مِنْ دُونِ اللهِ | قُلِ اللهُ |
1. | 2. | 3. | 4. | 5. |
كَرْبٍ | فِرْعَوْنَ | زُرْتُمُ | وَالْفُرْقَانَ | وَاْلأَرْضُ |
6. | 7. | 8. | 9. | 10. |
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.2
Sekolah | : | SMP |
Mata Pelajaran | : | Pendidikan Agama Islam |
Kelas /Semester | : | VIII/1 |
Standar Kompetensi | : | 1. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra |
Kompetensi Dasar | : | 1.2. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar |
Indikator | | · Mepraktekkan bacaan qalqalah dalam ayat-ayat pilihan · Mempraktekkan bacaan tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan |
Alokasi Waktu | : | 1 X 40 menit ( 1 pertemuan) |
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat Mepraktekkan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan.
Materi Pembelajaran
- Bacaan qalqalah dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
· Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq.
· Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
· Guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
· Buku PAI Kelas VIII Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga
· LKS MGMP PAI SMP
· Mushaf Al-Quran
· VCD pembelajaran
Penilaian
Teknik
Tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen
Tes identifikasi
Instrumen
Bacalah potongan-potongan ayat berikut dengan memperhatikan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq!
تَبَّتْ يَدَا أَبِيْ لَهَبٍ وَتَبَّ (۱) مَآ أَغْنى عَنْهُ مَالُه وَمَا كَسَبَ (٢) سَيَصْلى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ (٣) وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ (٤) فِي جِيْدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ (٥) ( اللهب : ۱-٥)
وَمَنْ يُهِنِ اللهُ فَمَا لَه مِنْ مُكْرِمٍ إِنَّ اللهَ يَفْعَلُ مَا يَشَآءُ ( الحج : ۱٨)
Rubrik/Pedoman penilaian :
Aspek yg dinilai | Indikator kemampuan | Nilai |
· Kelancaran · Bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq · Makhraj | · Membaca dengan lancar · Tidak melakukan kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya | 100 |
· Membaca dengan lancar · Melakukan 1-2 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya | 90 | |
· Melakukan 3-4 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya | 80 | |
· Melakukan 5-6 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya | 70 | |
· Melakukan 7-8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya | 60 | |
· Melakukan lebih dari 8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta makhrajnya | 50 |
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar