Senin, 27 April 2009

RPP BIOLOGI KLS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan : 1, 2, dan 3

Alokasi Waktu : 6 × 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Kompetensi Dasar : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.

Tujuan : 1. Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya

2. Siswa mampu menyusun rencana penelitian pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan

======================================================================

I. Indikator

· Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan

· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan

· Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan

· Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan

· Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis

· Menyusun unit-unit penelitian

· Membuat tabel pengamatan

· Menyusun rencana penelitian tertulis

II. Materi Ajar

· Pengertian pertumbuhan dan perkembangan

· Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan

1. faktor internal

2. faktor eksternal

· Menyusun rencana penelitian

III. Metode Pembelajaran

Pengamatan – Diskusi – Penugasan – Presentasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)

· Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.

· Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.

B. Kegiatan inti (60 menit)

· Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.

· Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.

· Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.

· Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.

C. Kegiatan akhir (20 menit)

· Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.

· Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1. Pertumbuhan dan perkembangan pada buku halaman 16 di rumah.

Pertemuan 2 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)

· Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.

· Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan 1.1.

B. Kegiatan inti (60 menit)

· Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.

· Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan Proyek di buku halaman. 23.

· Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

· Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.

· Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)

· Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.

· Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.

B. Kegiatan inti (70 menit)

· Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi.

· Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan.

· Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

· Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.

V. Alat/ Bahan/ Sumber

· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis

· Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

· Alat bantu presentasi

VI. Penilaian

· Tugas kelompok penyusunan proposal

· Presentasi proposal penelitian

· Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan : -

Alokasi Waktu : 0 × 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Kompetensi Dasar : 1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

Tujuan : Siswa mampu melaksanakan penelitian pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, mencatat hasil, dan menyusun laporan

====================================================================

I. Indikator

· Menyiapkan alat dan bahan

· Memberikan perlakuan

· Mengukur hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan

· Menganalisis data hasil pengamatan

· Menyimpulkan hasil penelitian

· Menyusun laporan tertulis hasil penelitian

II. Materi Ajar

· Membuat unit-unit penelitian

· Memberi perlakuan

· Mengukur kecepatan pertumbuhan

· Mencatat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan

· Mengolah data hasil pengamatan

· Menarik kesimpulan berdasarkan data yang diolah

· Melaporkan hasil penelitian

III. Metode Pembelajaran

Eksperimen

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Seluruh kegiatan dilaksanakan secara mandiri oleh kelompok. Sambil menunggu semua kelompok selesai melakukan penelitian dan mempresentasikan hasilnya kegiatan belajar dapat dilanjutkan dengan KD selanjutnya.

V. Alat/ Bahan/ Sumber

· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis

· Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian

· Tugas laporan hasil penelitian

catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar