Senin, 27 April 2009

RPP MATEMATIKA kls VIII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah : SMP dan MTs

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas : VIII (Delapan)

Semester : 2 (Dua)

Standar Kompetensi : 5. Mamahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar : 5.1. Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya.

Indikator : Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas: titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal, tinggi.

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas: titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal, tinggi.

B. Materi Ajar

Kubus, Balok, Prisma dan Limas Tegak, yaitu mengenai mengenal unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas tegak.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Ø Pertemuan Pertama

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.

- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

Kegiatan Inti:

a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas: titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal, tinggi, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 213-217 mengenai mengenal unsur-unsur kubus dan balok, serta hal. 237-242 mengenai mengidentifikasi unsur-unsur prisma tegak dan limas tegak).

b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas: titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal, tinggi.

c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 215 mengenai unsur-unsur kubus dan balok, hal. 239-240 mengenai unsur-unsur prisma, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.

d. Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 240 mengenai mengenai unsur-unsur prisma segitiga tegak dan prisma segiempat tegak.

e. Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 241.

f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 216-217 mengenai unsur-unsur kubus dan balok, serta hal. 241-242 mengenai unsur-unsur prisma tegak dan limas tegak, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

Penutup

a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.

b. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 216-217 dan 241-242 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :

- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 213-217, 237-242.

- Buku referensi lain.

Alat :

- Laptop

- LCD

- OHP

F. Penilaian

Teknik : tugas individu, kuiz.

Bentuk Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.

Contoh Instrumen :

W V

T S U R

P Q

Perhatikan balok PQRS-TUVW. Sebutkan titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonalnya.

Jakarta,............................................

Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika

Kepala Sekolah

_______________________ _______________________

NIP. NIP.

Kompetensi Dasar : 5.2. Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas.

Indikator : Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.

B. Materi Ajar

Menggambar kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Ø Pertemuan Pertama dan Kedua

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.

- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

Kegiatan Inti:

a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 217-218 mengenai menggambar kubus dan balok, dan hal. 242-245 yaitu menggambar prisma dan limas tegak), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.

b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.

c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 217-218 mengenai menggambar kubus dan balok, dan hal. 242-244 mengenai menggambar prisma dan limas tegak, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.

d. Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 245 mengenai penggambaran prisma dan limas.

e. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 218 mengenai penggambaran kubus dan balok, dan hal. 245 mengenai penggambaran prisma dan limas, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

Penutup

a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.

b. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 218 dan 245 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :

- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 217-218 dan 242-245.

- Buku referensi lain.

Alat :

- Laptop

- LCD

- OHP

F. Penilaian

Teknik : tugas individu.

Bentuk Instrumen : uraian singkat.

Contoh Instrumen :

1. Buatlah gambar jaring-jaring kubus yang panjang rusuknya 5 satuan.

2. Buatlah gambar jaring-jaring prisma segitiga tegak ABC.DEF dengan panjang sisi-sisi segitiga 3 cm, 4 cm, dan 5 cm, serta tinggi 6 cm.

catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar