RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator :- Mendeskripsikan tenaga endogen yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi
- Membedakan jenis-jenis tenaga endogen berdasarkan penyebabnya
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan tenaga endogen yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi
B. Materi Pembelajaran
Tenaga Endogen
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang pengertian tenaga geologi. Guru menayangkan gambar atau foto relief muka bumi yang terbentuk oleh tenaga geologi dan menjelaskan proses terjadinya relief muka bumi tersebut.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan bentuk muka bumi akibat tenaga endogen secara garis besar (hal 3 – 4).
· Tanya-jawab tentang jenis-jenis dan faktor penyebab terjadinya tenaga endogen.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan: siswa membuat ringkasan materi tentang Bentuk Muka Bumi. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Penugasan: siswa mencari data dan informasi-informasi tentang Lumpur Lapindo sebagai bahan untuk membuat karangan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar atau foto relief muka bumi
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Tanya Jawab
Ø Bentuk tagihan : Uraian
Rubrik Penilaian Tanya Jawab
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam tanya jawab | | | | |
Keaktifan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | <> |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator :- Mendeskripsikan gejala diatropisme
- Menganalisis pengaruh gejala diatropisme terhadap bentuk muka bumi
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan gejala diatropisme yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi.
B. Materi Pembelajaran
Gejala Diatropisme
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, life skills, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Siswa mengumpulkan tugas ringkasan materi Bentuk Muka Bumi.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menjelaskan pengertian gejala diatropisme dan membedakan jenis-jenis gejala diatropisme.
2. Kegiatan Inti: 35 menit
· Guru menunjuk siswa untuk menganalisis gambar batas lempeng tentang proses terjadinya (hal 6).
· Guru menjelaskan tentang sesar secara garis besar (hal 7 – 8).
· Secara individu, siswa membuat karangan tentang Lumpur Lapindo dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar (Portofolio hal 32).
· Guru menunjuk siswa untuk membacakan karangannya di depan kelas.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar batas lempeng
- Gambar patahan dan lipatan
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Portofolio (hal 32)
Ø Bentuk tagihan : Karangan Analitis
Ø Tema karangan : Lumpur Lapindo dan pengaruhnya terhadap masyarakat
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan kronologis terjadinya Lumpur Lapindo | | | | |
Isi menunjukkan data-data yang menggambarkan bukti tentang pengaruh bencana lumpur terhadap kehidupan masyarakat sekitar | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Orisinalitas karangan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | <> |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar