Senin, 27 April 2009

RPP GEOGRAFI KLS VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia

Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan

Indikator :- Mendeskripsikan tenaga endogen yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi

- Membedakan jenis-jenis tenaga endogen berdasarkan penyebabnya

Alokasi Waktu : 1x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu untuk:

- Mendeskripsikan tenaga endogen yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi

B. Materi Pembelajaran

Tenaga Endogen

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, life skills, dan penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit

· Memberi salam dan mengabsen.

· Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang pengertian tenaga geologi. Guru menayangkan gambar atau foto relief muka bumi yang terbentuk oleh tenaga geologi dan menjelaskan proses terjadinya relief muka bumi tersebut.

2. Kegiatan Inti: 30 menit

· Guru menjelaskan bentuk muka bumi akibat tenaga endogen secara garis besar (hal 3 – 4).

· Tanya-jawab tentang jenis-jenis dan faktor penyebab terjadinya tenaga endogen.

3. Kegiatan Penutup: 10 menit

· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

· Penugasan: siswa membuat ringkasan materi tentang Bentuk Muka Bumi. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

· Penugasan: siswa mencari data dan informasi-informasi tentang Lumpur Lapindo sebagai bahan untuk membuat karangan pada pertemuan berikutnya.

E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar

- Kurikulum KTSP dan perangkatnya

- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS

- Buku sumber Geografi SMP – ESIS

- Buku-buku penunjang yang relevan

- Gambar atau foto relief muka bumi

- OHP/ Slide Proyektor

- Internet

F. Penilaian

Ø Teknik : Tanya Jawab

Ø Bentuk tagihan : Uraian

Rubrik Penilaian Tanya Jawab

Aspek yang dinilai

Nilai

kualitatif

Nilai

kuantitatif

Deskripsi

(Alasan)

Kemampuan mengidentifikasi masalah

Kemampuan merumuskan masalah

Kemampuan menganalisis masalah

Kemampuan memecahkan masalah

Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain

Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam tanya jawab

Keaktifan

Nilai rata-rata

Komentar

Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Memuaskan

4

> 80

Baik

3

68 - 79

Cukup

2

56 - 67

Kurang

1

<>

Mengetahui, …………., ……………………..

Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi

____________________________ _________________________

NIP/NRK. NIP/NRK.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia

Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan

Indikator :- Mendeskripsikan gejala diatropisme

- Menganalisis pengaruh gejala diatropisme terhadap bentuk muka bumi

Alokasi Waktu : 1x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu untuk:

- Mendeskripsikan gejala diatropisme yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi.

B. Materi Pembelajaran

Gejala Diatropisme

C. Metode Pembelajaran

Tanya jawab, life skills, dan penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Kedua

1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit

· Memberi salam dan mengabsen.

· Siswa mengumpulkan tugas ringkasan materi Bentuk Muka Bumi.

· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menjelaskan pengertian gejala diatropisme dan membedakan jenis-jenis gejala diatropisme.

2. Kegiatan Inti: 35 menit

· Guru menunjuk siswa untuk menganalisis gambar batas lempeng tentang proses terjadinya (hal 6).

· Guru menjelaskan tentang sesar secara garis besar (hal 7 – 8).

· Secara individu, siswa membuat karangan tentang Lumpur Lapindo dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar (Portofolio hal 32).

· Guru menunjuk siswa untuk membacakan karangannya di depan kelas.

3. Kegiatan Penutup: 5 menit

· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

· Menarik kesimpulan materi.

E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar

- Kurikulum KTSP dan perangkatnya

- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS

- Buku sumber Geografi SMP – ESIS

- Buku-buku penunjang yang relevan

- Gambar batas lempeng

- Gambar patahan dan lipatan

- OHP/ Slide Proyektor

- Internet

F. Penilaian

Ø Teknik : Portofolio (hal 32)

Ø Bentuk tagihan : Karangan Analitis

Ø Tema karangan : Lumpur Lapindo dan pengaruhnya terhadap masyarakat

Rubrik Penilaian Karangan Analitis

Aspek yang dinilai

Nilai

kualitatif

Nilai

kuantitatif

Deskripsi

(Alasan)

Pengantar menunjukkan isi

Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik

Isi menunjukkan kronologis terjadinya Lumpur Lapindo

Isi menunjukkan data-data yang menggambarkan bukti tentang pengaruh bencana lumpur terhadap kehidupan masyarakat sekitar

Isi disajikan dengan bahasa yang baik

Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah

Penutup disajikan dengan bahasa yang baik

Orisinalitas karangan

Nilai rata-rata

Komentar

Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Memuaskan

4

> 80

Baik

3

68 - 79

Cukup

2

56 - 67

Kurang

1

<>

Mengetahui, …………., ……………………..

Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi

____________________________ _________________________

NIP/NRK. NIP/NRK.

catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar