BAB 1. PETA DAN PEMETAAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
Indikator : - Menjelaskan kembali pengertian peta
- Membedakan jenis-jenis peta
- Menunjukkan komponen-komponen peta
Alokasi Waktu : 2 x 3 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mengungkapkan kembali pengertian peta dari berbagai referensi
- Membandingkan berbagai jenis peta
- Mengidentifikasi komponen dan kelengkapan pada peta
- Menjelaskan pengertian, jenis, dan manfaat proyeksi peta
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian Peta
- Jenis-jenis Peta
- Komponen Peta
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, inquiry, unjuk kerja, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan: 25 menit
· Memberi salam dan mengabsen
· Apersepsi materi: guru menyampaikan Silabus Semester 1. Guru menayangkan contoh peta.
2. Kegiatan Inti: 60 menit
· Guru menjelaskan pengertian peta dari berbagai ahli secara garis besar dengan menggunakan peta (hal 2 - 3).
· Secara individu, siswa mencermati pengertian peta dari berbagai ahli dan membandingkan berbagai jenis peta.
· Tanya-jawab tentang jenis-jenis peta.
3. Kegiatan Penutup: 50 menit
· Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Guru memberikan soal post test / pertanyaan mengenai materi yang telah dibahas.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan: 20 menit
· Memberi salam dan mengabsen
· Apersepsi materi: guru menayangkan peta dan menanyakan jenis peta yang ditayangkan tersebut.
2. Kegiatan Inti: 70 menit
· Guru ceramah bervariasi mengenai komponen peta.
· Secara individu, siswa mengidentifikasi dan menunjukkan komponen-komponen peta pada peta yang telah disediakan.
· Tanya-jawab tentang proyeksi peta.
· Secara individu, siswa mengerjakan soal uji penguasaan materi hal 13.
3. Kegiatan Penutup: 45 menit
· Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Guru memberikan soal post test / pertanyaan mengenai materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Pertemuan Pertama
- Penilaian untuk post test. Soal post test:
1. Rumuskanlah pengertian peta dari berbagai ahli dengan bahasamu sendiri! (skor 2)
2. Jelaskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe! (skor 2)
3. Jelaskan perbedaan antara peta kuantitatif dan peta kualitatif! (skor 2)
4. Apabila kita ingin menggambarkan keadaan persebaran penduduk Indonesia, termasuk jenis peta apakah peta tersebut? (skor 1)
5. Dalam membuat peta, kemampuan apa sajakah yang harus dimiliki oleh pembuat peta? Jelaskan alasanmu! (skor 3)
Skor total = 10
Kunci Jawaban
1. Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala.
2. Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala. Atlas merupakan kumpulan peta yang dibukukan. Globe adalah tiruan bola bumi dalam bentuk kecil.
3. Peta kuantitatif menggambarkan lokasi keberadaan suatu objek beserta besar nilai objek tersebut. Peta kualitatif hanya menggambarkan keberadaan suatu objek di lokasi tertentu.
4. Peta tematik berupa Peta Persebaran Penduduk Indonesia.
5. Pembuat peta harus menguasai 50% pengetahuan geografi, 30% seni, 10% matematika, dan 10% ilmu lainnya yang berhubungan dengan isi peta.
Pertemuan Kedua
- Penilaian untuk post test / pertanyaan. Soal post test:
1. Sebutkan komponen-komponen peta! Jelaskan dengan singkat komponen-komponen peta tersebut! (skor 5)
2. Jelaskan perbedaan penggunaan simbol titik, simbol garis, dan simbol luas dalam pemetaan! (skor 4)
3. Suatu peta diperbesar 25% dari ukuran sebenarnya. Apabila pada peta sebenarnya memiliki skala 1 : 100.000, hitunglah skala hasil perubahannya! (skor 2)
4. Pembuatan proyeksi peta dilakukan guna menghindari kesalahan-kesalahan dalam pemetaan. Jelaskan kesalahan yang ingin dihindari dalam pembuatan peta? (skor 3)
5. Proyeksi apakah yang paling cocok digunakan untuk menggambarkan daerah di sekitar ekuator? (skor 1)
Skor total = 15. Nilai = [(15 x 2) / 3]
Kunci Jawaban
1. Komponen-komponen peta antara lain sebagai berikut.
· Judul Peta adalah nama peta yang ingin digambarkan.
· Tanda Arah (orientasi) merupakan tanda yang berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin peta yang bersangkutan.
· Legenda merupakan bagian peta yang memuat keterangan simbol-simbol yang digunakan di dalam peta.
· Garis Astronomis adalah garis khayal yang mengelilingi bumi, terdiri atas garis lintang (paralel ) dan garis bujur (meridian).
· Inset Peta adalah peta kecil yang menggambarkan posisi wilayah yang dipetakan dibandingkan wilayah sekitarnya yang lebih luas.
· Tahun Pembuatan dan Sumber Peta
· Simbol Peta berfungsi untuk menyederhanakan kenampakan alami objek-objek di muka bumi.
· Skala Peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi.
2. Simbol titik digunakan untuk menggambarkan persebaran suatu fenomena atau objek geografi. Simbol garis digunakan untuk menggambarkan batas administratif ataupun garis kontur. Simbol luas digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu data dianggap merata di suatu wilayah tertentu.
3. 25 % x 100.000 = 25.000. Jadi, skala peta yang baru adalah 1 : 25.000
4. Kesalahan-kesalahan yang ingin dihindari dalam pembuatan peta antara lain bahwa bentuk-bentuk di permukaan bumi tidak mengalami perubahan. Begitupun dengan luas dan jarak suatu tempat di permukaan bumi tidak mengalami penyimpangan setelah dihitung menggunakan skala peta.
5. Proyeksi Silinder.
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
Indikator : - Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
- Menganalisis peta dengan baik
Alokasi Waktu : 2 x 3 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
- Menganalisis peta dengan baik berdasarkan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
B. Materi Pembelajaran
- Prinsip Dasar Peta dan Pemetaan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, diskusi, tanya jawab, life skills, inquiry, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
· Memberi salam dan mengabsen
· Apersepsi materi: guru menjelaskan secara garis besar mengenai prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.
2. Kegiatan Inti: 100 menit
· Secara mandiri, siswa mencari prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan dari berbagai referensi di perpustakaan.
· Secara individu, siswa mencermati prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.
· Bersama-sama mendiskusikan tentang prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.
3. Kegiatan Penutup: 20 menit
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan: 20 menit
· Memberi salam dan mengabsen
· Apersepsi materi: bersama-sama mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan ketiga.
2. Kegiatan Inti: 90 menit
· Guru membagi kelas menjadi lima kelompok.
· Setiap kelompok menganalisis peta persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000 (Analitika hal 14). Setiap kelompok mendiskusikan peta tersebut dan membuat laporan hasil diskusi.
· Setiap kelompok diberi waktu 7 menit untuk mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok. Kelompok lain diminta tanggapannya.
· Menarik kesimpulan kelompok.
3. Kegiatan Penutup: 25 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Teknik : Unjuk kerja (diskusi).
- Bentuk tagihan : Laporan hasil diskusi
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | <> |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar