Senin, 27 April 2009

RPP BIOLOGI KLS IX

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah : SMP

Kelas : IX (Sembilan)

Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI

Standar Kompetensi

1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar

1.1. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Indikator

1. Mendeskripsikan bentuk atau bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia.

2. Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi.

3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

4. Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem ekskresi.

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Menjelaskan pengertian ekskresi.

2. Menyebutkan fungsi sistem ekskresi.

3. Menyebutkan alat ekskresi pada manusia.

4. Menyebutkan sisa metabolisme pada manusia.

5. Mengamati dan mempelajari alat ekskresi pada manusia.

6. Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja ginjal.

7. Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja kulit.

8. Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja paru-paru.

9. Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja hati.

10. Menyebutkan faktor penyebab kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi.

11. Menjelaskan kelainan dan penyakit pada ginjal.

12. Menjelaskan kelainan dan penyakit pada hati.

13. Menjelaskan sistem ekskresi pada hewan.

B. Materi Pembelajaran

Sistem Ekskresi

C. Metode Pembelajaran

1. Model : - Direct Instruction (DI)

- Cooperative Learning

2. Metode : - Diskusi kelompok

- Ceramah

- Eksperimen

- Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan

· Motivasi dan Apersepsi:

- Mengapa setiap hari kita mengeluarkan air seni pada saat buang air kecil?

- Apakah penyebab penyakit diabetes melitus?

· Prasyarat pengetahuan:

- Apakah yang dimaksud dengan ekskresi?

- Apakah yang dimaksud dengan penyakit diabetes melitus?

· Pra eksperimen:

- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti

· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian ekskresi.

· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan fungsi sistem ekskresi.

· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan alat-alat ekskresi pada manusia.

· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan sisa metabolisme pada manusia.

· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil model torso manusia, gambar anatomi yang besar, atau model gambar tiga dimensi organ-organ ekskresi.

· Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati dan mempelajari alat-alat ekskresi pada manusia

(Kegiatan 1.1 h.7).

· Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan fungsi dan prinsip kerja dari alat-alat ekskresi pada manusia ( ginjal, kulit, paru-paru, dan hati).

· Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.

· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan faktor penyebab kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi.

· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai beberapa kelainan dan penyakit pada ginjal.

· Peserta didik memperhatikan beberapa kelainan dan penyakit pada hati yang disampaikan oleh guru.

c. Kegiatan Penutup

· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA

a. Kegiatan Pendahuluan

· Motivasi dan Apersepsi:

- Apakah yang berfungsi sebagai alat ekskresi pada serangga?

- Zat sisa metabolisme apakah yang dikeluarkan oleh ginjal burung?

· Prasyarat pengetahuan:

- Apakah yang dimaksud dengan buluh malpighi?

- Sebutkan alat ekskresi pada burung.

b. Kegiatan Inti

· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok,

masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sistem ekskresi pada hewan.

· Guru membagi tugas kelompok:

- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem ekskresi pada serangga.

- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem ekskresi pada ikan.

- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem ekskresi pada amfibi.

- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem ekskresi pada reptil.

- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem ekskresi pada burung.

· Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.

· Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.

· Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.

· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup

· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar

a. Buku IPA Biologi Jl.3 (Esis) halaman 1-16

b. Buku referensi yang relevan

c. Lingkungan

d. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar

a. Teknik Penilaian:

- Tes tertulis

- Tes unjuk kerja

- Penugasan

b. Bentuk Instrumen:

- Tes PG

- Tes uraian

- Uji petik kerja produk

- Proyek

c. Contoh Instrumen:

- Contoh tes PG

Organ yang sering disebut sebagai penyaring darah adalah ....

a. otak c. ginjal

b. jantung d. paru-paru

- Contoh tes uraian

Penyakit apa yang terjadi pada hati? Jelaskan menurut pengetahuan kalian.

- Contoh proyek

Buatlah artikel tentang salah satu contoh penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel dapat diperoleh dari buku atau internet. Artikel yang paling menarik dapat ditempel di mading sekolah.

...............,......................

Mengetahui

Kepala SMP Guru Mata Pelajaran

......................... ..............................

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah : SMP

Kelas : IX (Sembilan)

Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI

Standar Kompetensi

1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar

1.2. Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia, hewan, dan tumbuhan serta penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.

Indikator

1. Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia.

2. Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi.

3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

4. Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi.

5. Mendeskripsikan sistem reproduksi pada hewan.

6. Mendeskripsikan sistem reproduksi pada tumbuhan.

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Menjelaskan pengertian reproduksi.

2. Menyebutkan fungsi sistem reproduksi.

3. Membedakan fertilisasi internal dan fertilisasi eksternal.

4. Menyebutkan alat reproduksi pada manusia.

5. Menjelaskan pembentukan sel kelamin pada manusia.

6. Membedakan sel sperma dan sel telur (ovum).

7. Menjelaskan pembuahan dan perkembangan embrio.

8. Menyebutkan faktor penyebab kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi.

9. Menjelaskan penyakit yang berhubungan dengan sistem repoduksi pada manusia.

10. Menjelaskan reproduksi seksual pada hewan.

11. Menjelaskan reproduksi aseksual pada hewan.

12. Membedakan reproduksi generatif dan reproduksi vegetatif pada tumbuhan.

13. Menyebutkan alat reproduksi generatif pada tumbuhan berbiji.

14. Membedakan bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

15. Menjelaskan pengertian penyerbukan.

16. Menyebutkan macam-macam penyerbukan karena adanya perantara.

17. Menyebutkan macam-macam penyerbukan tanpa adanya perantara.

18. Mengetahui terjadinya penyerbukan dan proses pembuahan pada tanaman.

19. Menjelaskan pembentukan sel kelamin pada tumbuhan.

20. Menjelaskan tujuan pembelahan sel.

21. Menyebutkan tahap-tahap pembelahan sel.

22. Membedakan pembelahan sel mitosis dan pembelahan sel meiosis.

23. Membedakan mikrosporogenesis dan megasporogenesis.

24. Menjelaskan reproduksi vegetatif pada tumbuhan.

25. Membedakan reproduksi vegetatif secara alami dan reproduksi vegetatif secara buatan.

26. Menyebutkan beberapa cara reproduksi vegetatif secara alami.

27. Menyebutkan beberapa cara reproduksi vegetatif secara buatan.

28. Menjelaskan keuntungan dan kerugian reproduksi vegetatif secara buatan.

B. Materi Pembelajaran

Sistem Reproduksi

C. Metode Pembelajaran

1. Model : - Direct Instruction (DI)

- Cooperative Learning

2. Metode : - Diskusi kelompok

- Ceramah

- Eksperimen

- Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan

· Motivasi dan Apersepsi:

- Organ-organ apa saja yang yang berperan dalam sistem reproduksi manusia?

- Mengapa penyakit AIDS mudah menular?

· Prasyarat pengetahuan:

- Apakah yang dimaksud dengan reproduksi?

- Apakah penyebab penyakit AIDS?

b. Kegiatan Inti

· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian reproduksi.

· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan fungsi sistem reproduksi.

· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan perbedaan fertilisasi internal dan fertilisasi eksternal.

· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan alat-alat reproduksi pada manusia.

· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pembentukan sel kelamin pada manusia.

· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan sperma dan sel telur (ovum).

· Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pembuahan dan perkembangan embrio.

· Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelompok yang lain.

· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan faktor penyebab kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi.

· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.

c. Kegiatan Penutup

· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA

a. Kegiatan Pendahuluan

· Motivasi dan Apersepsi:

- Di manakah tempat terjadinya pembuahan pada ikan?

- Dapatkah individu baru terbentuk jika sel telur tidak dibuahi sel sperma?

· Prasyarat pengetahuan:

- Apakah yang dimaksud dengan fertilisasi eksternal?

- Apakah yang dimaksud dengan parthenogenesis?

b. Kegiatan Inti

· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok,

masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan reproduksi seksual pada hewan.

· Guru membagi tugas kelompok:

- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem reproduksi seksual pada ikan

- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem reproduksi seksual pada katak.

- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem reproduksi seksual pada reptil.

- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem reproduksi seksual pada burung.

- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem reproduksi seksual pada mamalia.

· Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.

· Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.

· Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.

· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai reproduksi aseksual pada hewan.

c. Kegiatan Penutup

· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KETIGA

a. Kegiatan Pendahuluan

· Motivasi dan Apersepsi:

- Apakah syarat terjadinya pembuahan pada tumbuhan berbiji?

- Apakah tujuan reproduksi vegetatif secara buatan pada tumbuhan?

· Prasyarat pengetahuan:

- Apakah yang dimaksud dengan penyerbukan?

- Apakah yang dimaksud dengan reproduksi vegetatif secara buatan?

· Pra eksperimen:

- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti

· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan reproduksi generatif dan reproduksi vegetatif pada tumbuhan.

· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan alat reproduksi generatif pada tumbuhan berbiji.

· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan perbedaan bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian penyerbukan.

· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan macam-macam penyerbukan karena adanya perantara dan penyerbukan tanpa perantara.

· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil kuas kecil yang halus, pinset, kantong plastik transparan, tali rafia, pisau silet, jarum pentul, dan tumbuhan bunga pukul empat.

· Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengetahui terjadinya penyerbukan dan proses pembuahan pada tanaman

(Kegiatan 2.4 h. 44).

· Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pembentukan sel kelamin pada tumbuhan.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tujuan pembelahan sel.

· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan beberapa fase

(tahap-tahap) pembelahan sel.

· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan pembelahan sel mitosis dan pembelahan sel meiosis.

· Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan mikrosporogenesis dan megasporogenesis.

· Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.

· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan reproduksi vegetatif pada tumbuhan.

· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan reproduksi vegetatif secara alami dan reproduksi vegetatif secara buatan.

· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa cara reproduksi vegetatif secara alami dan reproduksi vegetatif secara buatan.

· Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.

· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai keuntungan dan kerugian reproduksi vegetatif secara buatan.

c. Kegiatan Penutup

· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar

a. Buku IPA Biologi Jl.3 (Esis) halaman 17-54

b. Buku referensi yang relevan

c. Lingkungan

d Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar

a. Teknik Penilaian:

- Tes tertulis

- Tes unjuk kerja

- Penugasan

b. Bentuk Instrumen:

- Tes PG

- Tes uraian

- Uji petik kerja produk

- Proyek

c. Contoh Instrumen:

- Contoh tes PG

Pembentukan sel sperma terjadi di ....

a. testis c. ovarium

b. vas deferens d. oviduk

- Contoh tes uraian

Sebutkan organ reproduksi perempuan beserta fungsinya masing-masing.

- Contoh proyek

Buatlah artikel tentang salah satu contoh penyakit pada sistem reproduksi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel dapat diperoleh dari buku atau internet. Artikel yang paling menarik dapat ditempel di mading sekolah.

...............,......................

Mengetahui

Kepala SMP Guru Mata Pelajaran

......................... ..............................

NIP. NIP.

catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar