Senin, 27 April 2009

RPP GEOGRAFI KLS X

BAB 1. HAKIKAT GEOGRAFI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA : ...............................................................................

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)

Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek

geografi

Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi

Indikator : - Menguraikan konsep geografi

- Menguraikan perkembangan ilmu geografi

Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu

- Mendeskripsikan pengertian geografi dari berbagai pakar

- Membandingkan perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran

- Mengidentifikasikan konsep esensial geografi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

B. Materi Pembelajaran

- Pengertian geografi

- Perkembangan ilmu geografi

- Konsep esensial geografi

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills, pemberian tugas

D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar

- Kurikulum KTSP dan perangkatnya

- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS

- Buku sumber Geografi SMA – ESIS

- Buku-buku penunjang yang relevan

- OHP / Slide Proyektor

- Internet

E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Pendahuluan

· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.

· Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

· Guru menjelaskan pengertian geografi secara garis besar (hal 3-4).

· Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian geografi dari berbagai pakar dari situs di www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com.

· Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian geografi di buku teks (hal 3-4).

· Bersama-sama (guru dan siswa) membahas perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran dan pandangan tokoh (hal 3-4).

· Bersama-sama mendiskusikan konsep esensial geografi dalam pengajaran geografi dan penerapannya dalam kehidupan (lihat kolom geografi hal 9).

3. Kegiatan Penutup

· Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

· Guru memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “Hakikat Geografi”. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

F. Penilaian

- Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian geografi dan pandangan berbagai pakar mengenai geografi dari situs internet dengan menulis sumber situs.

- Penilaian untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai perkembangan ilmu geografi dan konsep esensial geografi.

Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan

Sikap/Aspek yang dinilai

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Deskripsi (Alasan)

Pengantar menunjukkan isi

Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik

Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh

Isi disajikan dengan bahasa yang baik

Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh

Penutup disajikan dengan bahasa yang baik

Nilai rata-rata

Komentar

Rubrik Penilaian Diskusi

Sikap/Aspek yang dinilai

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Deskripsi (Alasan)

Pemahaman materi pembahasan

Kemampuan melakukan analisis

Kemampuan menyampaikan pendapat

Partisipasi dalam diskusi

Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi

Nilai rata-rata

Komentar

Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Memuaskan

4

> 80

Baik

3

68 - 79

Cukup

2

56 - 67

Kurang

1

<>

…………., ………………….

Guru Mata Pelajaran Geografi

NIP. ...…………………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA : ...............................................................................

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)

Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek

geografi

Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi

Indikator : - Merumuskan ruang lingkup kajian geografi

- Mengidentifikasi objek studi geografi

Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu

- Mendeskripsikan ruang lingkup geografi

- Menjelaskan objek studi geografi

- Mengidentifikasikan konsep geografi dalam kajian geosfer

B. Materi Pembelajaran

- Ruang lingkup geografi

- Objek studi geografi

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills

D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar

- Kurikulum KTSP dan perangkatnya

- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS

- Buku sumber Geografi SMA – ESIS

- Buku-buku penunjang yang relevan

- OHP / Slide Proyektor

- Internet

E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Kedua

1. Kegiatan Pendahuluan

· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.

· Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.

· Guru mengumpulkan tugas individu berupa ringkasan materi “Hakikat Geografi” yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.

2. Kegiatan Inti

· Guru menjelaskan mengenai ruang lingkup dan objek studi geografi secara garis besar (hal 4-6).

· Penugasan secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer.

· Tanya-jawab berdasarkan hasil diskusi siswa mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer. Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah didiskusikan.

· Siswa mengumpulkan kesimpulan hasil diskusi kelompok masing-masing.

3. Kegiatan Penutup

· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

· Bersama-sama menarik kesimpulan materi

F. Penilaian

Jenis tagihan : Unjuk kerja

Bentuk tagihan : Diskusi

Bahan diskusi : Bagaimana aplikasi konsep geografi dalam kajian geosfer?

Lembar Penilaian diskusi

Hari/Tanggal : …………………………………………………….

Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..

No

Sikap/Aspek yang dinilai

Nama Kelompok/ Nama peserta didik

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

Penilaian kelompok

1.

Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik

2.

Kerjasama kelompok

3.

Hasil tugas

4.

Penggunaan bahasa yang baik

Jumlah Nilai Kelompok

Penilaian Individu Peserta didik

1.

Berani mengemukakan pendapat

2.

Berani menjawab pertanyaan

3.

Inisiatif

4.

Ketelitian

Jumlah Nilai Individu

Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Memuaskan

4

> 80

Baik

3

68 - 79

Cukup

2

56 - 67

Kurang

1

<>

…………., ………………….

Guru Mata Pelajaran Geografi

NIP. ...…………………….




catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar