Senin, 27 April 2009

RPP IPS TERPADU KLS VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Nomor : 01

SMP

:

.........................................

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester

:

VII / 1

Standar Kompetensi

:

1. Memahami lingkungan kehidupan manusia

Kompetensi Dasar

:

1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan

Alokasi Waktu

:

8 Jam pelajaran (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi proses alam endogen.
  2. Mengidentifikasi proses alam eksogen.
  3. Mengidentifikasi dampak dari proses alam endogen dan eksogen.

B. Materi Pembelajaran

1. Pengertian tenaga endogen dan eksogen.

2. Jenis-jenis tenaga endogen dan eksogen.

3. Dampak dari tenaga endogen dan eksogen

C. Metode Pembelajaran

1. Ceramah bervariasi.

2. Diskusi.

3. Inquiri.

4. Tanya jawab.

5. Simulasi.

6. Observasi / Pengamatan.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan 1

a. Pendahuluan

- Apersepsi : Buatlah kliping tentang terjadinya gempa bumi di Indonesia!

- Motivasi : Siswa diminta untuk saling bertukar kliping tentang gempa bumi tersebut, yang terjadi tahun 2005/2006.

b. Kegiatan Inti

- Siswa dibagi dalam empat kelompok.

- Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati kliping:

- Kelompok 1 : Tsunami di Aceh.

- Kelompok 2 : Gempa di Yogyakarta.

- Kelompok 3 : Gunung Merapi erupsi.

- Kelompok 4 : Tsunami di Pangandaran.

- Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan.

- Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatannya.

- Tanya jawab tentang perbedaannya.

c. Penutup

- Penilaian

- Refleksi : Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus.

2. Pertemuan 2

a. Pendahuluan

- Apersepsi : Sebutkan faktor-faktor yang berkaitan dengan tenaga eksogen.

- Motivasi : Siswa diajak keluar kelas untuk mengamai terjadinya pelapukan, dan pengendapan yang ada di sekolah

b. Kegiatan inti

- Tanya jawab tentang arti tenaga eksogen.

- Mengamati dan tanya jawab tentang berbagai jenis tenaga eksogen dan dampaknya bagi kehidupan.

- Tanya jawab.

c. Penutup

- Penilaian.

- Refleksi : Siswa membuat kesimpulan tentang tenaga eksogen.

E. Sumber dan Media Pembelajaran

1. Koran.

2. Majalah.

3. Globe.

4. Lembar Penilaian Psikomotorik.

5. OHP.

6. Buku geografi yang relevan.

F. Penilaian

1. Teknik Penilaian:

a. Tes Tulis.

b. Tes unjuk kerja.

2. Bentuk Instrumen

a. Tes uraian.

b. Tes identifikasi.

c. Uji petik kerja produk.

3. Soal/instrumen:

Tes uraian :

(1) Sebutkan unsur-unsur tenaga endogen!

(2) Berikan masing-masing 2 contoh gejala tektonik, vulkanik, dan seisme!

(3) Jelaskan 3 bentuk tenaga eksogen dan akibat yang ditimbulkan!

(4) Sebutkan 3 dampak tenaga endogen bagi kehidupan manusia!

(5) Sebutkan 3 dampak tenaga eksogen bagi kehidupan manusia!

Uji petik kerja produk :

- Buatlah tulisan mengenai gempa bumi di Indonesia!

Jakarta, ............................... 2008

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri .................

Guru Mata Pelajaran IPS

( ........................................... )

NIP. ...............................

( ........................................... )

NIP. ...............................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Nomor : 02

SMP

:

.........................................

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester

:

VII / 1

Standar Kompetensi

:

1. Memahami lingkungan kehidupan manusia

Kompetensi Dasar

:

1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia

Alokasi Waktu

:

8 Jam pelajaran (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

1. Mendeskripsikan pengertian dan masa pra-aksara di Indonesia.

2. Mengidentifikasi jenis-jenis manusia purba di Indonesia.

  1. Mendeskripsikan perkembangan kehidupan masa para aksara di Indonesia
  2. Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

B. Materi Pembelajaran

1. Pengertian dan masa pra-aksara di Indonesia.

2. Jenis-jenis manusia purba di Indonesia.

3. Perkembangan kehidupan masa para-aksara di Indonesia

4. Persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

C. Metode Pembelajaran


  1. Ceramah bervariasi.
  2. Diskusi.
  3. Inquiri.

4. Tanya jawab.

5. Simulasi.

6. Observasi / Pengamatan.


D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan 1

a. Pendahuluan

- Apersepsi : Pernahkan melihat fosil manusia?

- Motivasi : Siswa diminta untuk menjelaskan asal usul nenek moyang kita.

b. Kegiatan inti

- Siswa dibagi dalam dua kelompok.

- Setiap kelompok diberi tugas untuk mempresentasikan resume:

- Kelompok 1 : Pengertian dan masa pra-aksara.

- Kelompok 2 : Jenis-jenis manusia purba.

- Setiap kelompok membuat laporan hasil presentasi.

- Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil diskusinya.

- Tanya jawab tentang perbedaannya.

c. Penutup

- Penilaian.

- Refleksi : Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari masa pra-aksara di Indonesia.

2. Pertemuan 2

a. Pendahuluan

- Apersepsi : Pernahkan melihat fosil manusia?

- Motivasi : Siswa diminta untuk menjelaskan asal usul nenek moyang kita.

b. Kegiatan inti

- Siswa dibagi dalam dua kelompok.

- Setiap kelompok diberi tugas untuk mempresentasikan resume:

- Kelompok 1 : Perkembangan kehidupan manusia purba.

- Kelompok 2 : Persebaran nenek moyang bangsa Indonesia.

- Setiap kelompok membuat laporan hasil presentasi.

- Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil diskusinya.

- Tanya jawab tentang perbedaannya.

c. Penutup

- Penilaian.

- Refleksi : Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari masa pra aksara di Indonesia.

E. Sumber dan Media Pembelajaran

1. Lembar Penilaian Psikomotorik.

2. OHP.

3. Buku IPS/ Sejarah yang relevan.

F. Penilaian

1. Teknik Penilaian:

a. Tes Tulis.

b. Tes unjuk kerja.

2. Bentuk Instrumen

a. Tes uraian.

b. Tes identifikasi.

c. Uji petik kerja produk.

3. Soal/instrumen:

Tes uraian :

(i) Apa yang dimaksud masa pasa pra aksara?

(ii) Berikan masing-masing 2 contoh jenis manusia megantropus?

(iii) Jelaskan perbedaan masa berburu dan ladang berpindah?

(iv) Sebutkan tiga contoh peninggalan bangunan megalitikum?

(v) Jelaskan perbedaan bangsa Melayu Muda dan Melayu Tua yang datang ke Indonesia?

Uji petik kerja produk :

- Buatlah satu tulisan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia, apakah manusia purba atau yang berasal dari Yunan!

Jakarta, ............................... 2008

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri .................

Guru Mata Pelajaran IPS

catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar