Senin, 27 April 2009

RPP BIOLOGI KLS X

BAB IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1

Pertemuan : 1

Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran

Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi

Tujuan : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup

I. Indikator

· Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu

· Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup

II. Materi Ajar

· Pengertian Biologi sebagai ilmu

· Ciri-ciri makhluk hidup

III. Metode Pembelajaran

· Pengamatan-diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (5 menit)

· Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.

· Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.

B. Kegiatan inti (30 menit)

· Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.

· Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.

· Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi

V. Alat/Bahan/Sumber

· Buku Kerja Biologi IA, Esis

· Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I

· Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah

VI. Penilaian

· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1

Pertemuan : 2 - 3

Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran

Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma

Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi ilmu biologi

I. Indikator

· Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan

· Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan

· Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi

· Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi

II. Materi Ajar

· Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:

1. Objek

2. Permasalahan

3. Tingkat organisasi

· Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”

III. Metode Pembelajaran

· Pengamatan – Diskusi–Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)

· Guru menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.

· Siswa mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.

B. Kegiatan inti (70 menit)

· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup

· Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi.

· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi.

· Guru bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek, tingkat organisasi, dan permasalahan biologi.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

· Guru bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi.

· Guru minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur keilmuaannya.

Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)

· Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.

B. Kegiatan inti (25 menit)

· Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

· Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan.

V. Alat/ Bahan/ Sumber

· Buku Kerja Biologi IA, Esis

· Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I

· Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet

VI. Penilaian

· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)

· Hasil makalah tentang cabang ilmu biologi

catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar