Senin, 27 April 2009

RPP EKONOMI KLS IX

RENCANA PEMBELAJARAN I

Mata Pelajaran : Ekonomi

Materi Pokok : Uang dan Lembaga Keuangan

Kelas : IX (sembilan)

Waktu : 12 JP

I. Pertemuan ke-1

A. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan.

B. Indikator

1. Mengidentifikasi sejarah terjadinya uang dan syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang.

2. Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis uang.

C. Media dan Sumber

§ Guru PS Ekonomi

§ Alat tulis lengkap

§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX

§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi

D. Skenario Pembelajaran

1. Sebagai pembuka guru menjelaskan sejarah terjadinya uang dan syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang.

2. Siswa membaca materi tentang sejarah terjadinya uang dan syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang.

3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi pelajaran.

4. Guru dan siswa secara bersama-sama menyimpulkan materi.

E. Penilaian

1. Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi.

2. Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara lisan.

II. Pertemuan ke-2

A. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan

B. Indikator

1. Mendeskripsikan fungsi uang.

2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi jumlah uang yang beredar.

C. Media dan Sumber

§ Guru PS Ekonomi

§ Alat tulis lengkap

§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX

§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi

D. Skenario Pembelajaran

1. Guru menjelaskan materi tentang fungsi uang dan faktor-faktor yang memengaruhi jumlah uang yang beredar.

2. Siswa menyimak penjelasan guru sambil membaca buku referensi tentang fungsi uang dan faktor-faktor yang memengaruhi jumlah uang beredar.

3. Guru dan siswa berdiskusi sambil melakukan tanya jawab di kelas tentang materi.

4. Siswa diminta untuk menjelaskan fungsi uang, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi jumlah uang beredar.

5. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran.

6. Guru memberikan ulangan harian berupa tes tertulis kepada siswa.

E. Penilaian

1. Kemampuan siswa dalam memahami materi.

2. Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam melakukan tanya jawab di kelas.

3. Penilaian terhadap hasil ulangan harian siswa.

III. Pertemuan ke-3

A. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan fungsi uang dan lembaga keuangan.

B. Indikator

1. Menganalisis kebijakan pemerintah untuk mengendalikan jumlah uang beredar

2. Mengidentifikasi motif menyimpan uang.

C. Media dan Sumber

§ Guru PS Ekonomi

§ Alat tulis lengkap

§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX

§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi

§ Media informasi

D. Skenario Pembelajaran

1. Siswa membaca buku referensi tentang fungsi uang dan motif seseorang menyimpan uang

2. Guru membantu siswa menganalisis kebijakan pemerintah dalam mengendalikan jumlah uang beredar dan mengidentifikasi motif seseorang menyimpan uang.

3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi pelajaran.

4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila terdapat materi yang belum jelas.

5. Guru memberikan pertanyaan secara tertulis kepada siswa

6. Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan, kemudian setelah selesai mengumpulkan kepada guru.

7. Pada akhir pelajaran, guru meminta siswa untuk mengerjakan tugas kelompok yang dikerjakan di rumah, yaitu mencari suatu artikel maupun berita yang isinya tentang kebijakan yang pernah diambil oleh pemerintah dalam mengendalikan jumlah uang beredar.

8. Guru memberi tahu siswa batas akhir pengumpulan PR.

E. Penilaian

1. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara tertulis.

2. Kemampuan siswa dalam memahami materi.

3. Penilaian terhadap hasil PR siswa.

IV. Pertemuan ke-4

A. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan fungsi uang dan lembaga keuangan.

B. Indikator

1. Menjelaskan pengertian bank serta tugas pokoknya.

2. Mengidentifikasi jenis-jenis bank serta tugas pokoknya.

D. Media dan Sumber

§ Guru PS Ekonomi

§ Alat tulis lengkap

§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX

§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi.

§ Bank yang ada di lingkungan sekitar siswa.

D. Skenario Pembelajaran

1. Guru menjelaskan materi tentang pengertian bank dan jenis-jenis bank serta tugas pokoknya.

2. Siswa membaca buku referensi tentang pengertian bank dan jenis-jenis bank serta tugas pokoknya.

3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi pelajaran.

4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila terdapat materi yang belum jelas.

5. Guru memberikan pertanyaan secara tertulis kepada siswa

6. Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan, kemudian setelah selesai mengumpulkan kepada guru.

7. Guru meminta siswa untuk mengamati bank-bank yang ada di sekitarnya, kemudian mengklasifikasikan jenis bank tersebut.

E. Penilaian

1. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara tertulis.

2. Kemampuan siswa dalam memahami materi.

3. Penilaian terhadap hasil pengamatan siswa.

V. Pertemuan ke-5

A. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan fungsi uang dan lembaga keuangan.

B. Indikator

1. Mengidentifikasi produk-produk bank.

2. Melakukan kegiatan menabung di bank.

E. Media dan Sumber

§ Guru PS Ekonomi

§ Alat tulis lengkap

§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX

§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi

§ Bank

D. Skenario Pembelajaran

1. Guru dan siswa bersama-sama mendiskusikan produk-produk bank, dan mendeskripsikan bagaimana kegiatan menabung di bank.

2. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi pelajaran.

3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila terdapat materi yang belum jelas.

4. Guru memberikan pertanyaan secara tertulis kepada siswa.

5. Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan, kemudian setelah selesai mengumpulkan kepada guru.

6. Guru meminta siswa untuk mengamati bagaimana proses menabung di bank, atau dapat pula mempraktekkan menabung di bank.

E. Penilaian

1. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara tertulis.

2. Kemampuan siswa dalam memahami materi.

3. Penilaian terhadap hasil praktek.

VI. Pertemuan ke-6

A. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan fungsi uang dan lembaga keuangan.

B. Indikator

1. Menjelaskan pengertian lembaga keuangan bukan bank.

2. Mengidentifikasi fungsi, peranan, dan manfaat lembaga keuangan bukan bank.

F. Media dan Sumber

§ Guru PS Ekonomi

§ Alat tulis lengkap

§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX

§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi

§ Lingkungan sekitar siswa

D. Skenario Pembelajaran

1. Guru menjelaskan materi tentang pengertian lembaga keuangan bukan bank, serta fungsi dan manfaat lembaga keuangan bukan bank.

2. Siswa membaca buku referensi tentang pengertian lembaga keuangan bukan bank, serta fungsi dan manfaat lembaga keuangan bukan bank.

3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang pengertia lembaga keuangan bukan bank, serta fungsi dan manfaat lembaga keuangan bukan bank.

4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila terdapat materi yang belum jelas.

5. Guru memberikan pertanyaan secara tertulis kepada siswa

6. Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan, kemudian setelah selesai mengumpulkan kepada guru

E. Penilaian

1. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara tertulis

2. Kemampuan siswa dalam memahami materi

catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar