Senin, 27 April 2009

RPP B.INGGRIS KLS XI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran :B. Inggris

Kelas/Semester : XI/1

Pertemuan ke : 1

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi

1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari

2. Mengungkapkan makna dalam monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar

1. Merespon makna dalam makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: reports

2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk: report

Indikator

1. Merespon wacana monolog: report

2. Melakukan monolog berbentuk : report

  1. Tujuan Pembelajaran

· Siswa dapat merespon wacana monolog: report

· Siswa dapat melakukan monolog berbentuk : report

  1. Materi Pokok

Wacana monolog berbentuk: report, contohnya:



Whales are sea-livings mammals. They therefore breathe air but cannot survive on land. Some species are very large indeed and the blue whale, which can exceed 30 meters in length, is the largest animal to have lived on earth. Superficially, the whale looks rather like a fish, but there are important differences in its external structure; its tail consists of a pair of broad, flat horizontal paddles (the tail of a fish is vertical) and it has a single nostril on top of its large, broad head. The skin is smooth and shiny and beneath it lies a layer of fat (blubber). It can be up to 30 meters in thickness and serves heat and body fluids.


  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique

  1. Langkah-langkah Kegiatan

    • Kegiatan Awal (10’)

§ Tanya-jawab mengenai gambar dalam buku teks

· Kegiatan Inti (70’)

§ Siswa mendengarkan teks lisan report sambil melengkapi teks tersebut.

§ Siswa merespon isi teks dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan beberapa kosakata.

§ Siswa memberi label bagian-bagian tubuh seekor ikan.

§ Siswa membuat report seekor hewan secar berkelompok tanpa menyebutkan nama hewan tersebut.

§ Salah satu perwakilan dari tiap kelompok siswa maju ke depan dan kelompok siswa lain menebak hewan yang dilaporkan, dengan menggunakan ungkapan yang tertera di buku ( guessing games).

· Kegiatan Akhir (10’)

Siswa mendapat feedback dari guru

  1. Sumber/Bahan/Alat

· Buku Look Ahead 2

· Kaset/CD

· Tape

· Script dari Look Ahead 2

· Ensiklopedia dari perpustakaan

  1. Penilaian

· Teknik: Performance Assessment (responding)

· Bentuk: Pertanyaan lisan

Mengetahui …………………,….

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

______________________ __________________

NIP. NIP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran :B. Inggris

Kelas/Semester : XI/1

Pertemuan ke : 2

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi

1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

2. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar

1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima menggunakan ragam bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan ( expressing: surprise).

2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan ( expressing: surprise).

Indikator

1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan perasaan

(expressing: surprise).

2. Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing: surprise).

  1. Tujuan Pembelajaran
    • Siswa dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan perasaan (expressing: surprise).
    • Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing: surprise).

  1. Materi Pokok

Percakapan/dialog dan pernyataan yang memuat ungkapan–ungkapan berikut

· Menyatakan perasaan terkejut (surprise)

mis. A: Could you tell me how big is the blue whale?

B: A blue whale can weigh up to 115 tons

A: Wow, that’s amazing

  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique

  1. Langkah-langkah Kegiatan

    • Kegiatan Awal (10’)

§ Siswa mengetahui beberapa informasi menarik dari suatu hewan yang dibawa oleh guru.

· Kegiatan Inti (70’)

§ Siswa mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang berisikan ungkapan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise) melalui tape secara klasikal.

§ Siswa mendiskusikan dialog dan fungsi ungkapan yang didengar melalui tape.

§ Siswa membaca ungkapan-ungkapan lainnya yang digunakan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise).

§ Siswa melafalkan ungkapan-ungkapan menyatakan perasaan (expressing: surprise). Lainnya

§ Siswa mencari informasi di perpustakaan tentang karakteristik hewan yang menarik.

§ Siswa membuat dialog berpasangan tentang hal tersebut (fakta-fakta menarik tentang suatu hewan) dengan menggunakan ungkapan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise).

§ Siswa mempraktekkannya dialognya dan memberi komentar tiap pasangan.

· Kegiatan Akhir (10’)

§ Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise).

  1. Sumber/Bahan/Alat

· Buku Look Ahead 2

· Kaset/CD

· Tape

· Script dari Look Ahead 2

· Ensiklopedia dari perpustakaan

  1. Penilaian

· Teknik: Performance Assessment (responding)

· Bentuk: Pertanyaan lisan

Mengetahui …………………,….

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

______________________ __________________

NIP. NIP.





catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar