Senin, 27 April 2009

RPP GEOGRAFI KLS XI

BAB 1. BIOSFER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : ...............................................................................

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)

Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer

Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer

Indikator : - Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer

Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu

- Mengungkapkan kembali pengertian fenomena biosfer

B. Materi Pembelajaran

- Pengertian biosfer

- Fenomena biosfer

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit

· Memberi salam dan mengabsen

· Apersepsi materi

2. Kegiatan Inti: 30 menit

· Guru menjelaskan pengertian biosfer dan fenomenanya secara garis besar dengan menggunakan gambar (hal 3-4).

· Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian biosfer dari berbagai pakar dari situs internet.

· Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.

· Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian biosfer di buku sumber (hal 3-4).

3. Kegiatan Penutup: 10 menit

· Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

· Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna. Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok mempresentasikan makalahnya.

E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar

- Buku sumber Geografi SMA – ESIS

- Buku-buku penunjang yang relevan

- Gambar mengenai fenomena biosfer

- OHP / Slide Proyektor

- Internet

F. Penilaian

- Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian biosfer dari situs internet.

Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan

Aspek yang dinilai

Nilai

kualitatif

Nilai

kuantitatif

Deskripsi

(Alasan)

Pengantar menunjukkan isi

Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik

Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh

Isi disajikan dengan bahasa yang baik

Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh

Penutup disajikan dengan bahasa yang baik

Nilai rata-rata

Komentar

Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Memuaskan

4

> 80

Baik

3

68 - 79

Cukup

2

56 - 67

Kurang

1

<>

Mengetahui, …………., ……………………..

Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi

____________________________ _________________________

NIP. NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : ...............................................................................

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)

Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer

Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer

Indikator : - Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu

- Mengidentifikasikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

B. Materi Pembelajaran

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

- Faktor lingkungan

- Faktor sejarah geologi

C. Metode Pembelajaran

Diskusi, tanya jawab, penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Kedua

1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit

· Memberi salam dan mengabsen

· Siswa mengumpulkan karangan tentang pengertian biosfer dari situs internet dan makalah kelompok, kemudian guru memilih dua makalah terbaik untuk dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.

· Apersepsi materi

2. Kegiatan Inti: 30 menit

· Siswa mempresentasikan makalah kelompok mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna.Kelompok lain diminta menanggapi.

· Siswa mendiskusikan mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna.

· Bersama-sama membuat kesimpulan hasil diskusi.

3. Kegiatan Penutup: 10 menit

· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

· Penugasan: siswa secara kelompok mengumpulkan CD mengenai flora dan fauna di muka bumi. CD tersebut akan ditonton pada pertemuan berikutnya

E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar

- Buku sumber Geografi SMA – ESIS

- Buku-buku penunjang yang relevan

- OHP / Slide Proyektor

- Internet

F. Penilaian

Jenis tagihan :Unjuk kerja

Bentuk tagihan :Diskusi

Bahan diskusi :Diskusikanlah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna!

Rubrik Penilaian Makalah

Aspek yang dinilai

Nilai

kualitatif

Nilai

kuantitatif

Deskripsi

(Alasan)

Pengantar menunjukkan isi

Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik

Isi menunjukkan penjelasan dari masalah yang dibahas

Isi disajikan dengan bahasa yang baik

Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi

Penutup disajikan dengan bahasa yang baik

Nilai rata-rata

Komentar

Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok

Hari/Tanggal : ……………………………………………………..

Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..

Nama Siswa : .................................................................................

Aspek yang dinilai

Nilai

kualitatif

Nilai

kuantitatif

Deskripsi

(Alasan)

Kemampuan mengidentifikasi masalah

Kemampuan merumuskan masalah

Kemampuan menganalisis masalah

Kemampuan memecahkan masalah

Kerja sama dalam kelompok

Partisipasi dalam diskusi

Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain

Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi

Nilai rata-rata

Komentar

Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Memuaskan

4

> 80

Baik

3

68 - 79

Cukup

2

56 - 67

Kurang

1

<>

Mengetahui, …………., ……………………..

Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi

____________________________ _________________________

NIP. NIP.


catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar