Senin, 27 April 2009

RPP BIOLOGI KLS VIII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah : SMP

Kelas : VIII (Delapan)

Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI

Standar Kompetensi

1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar

1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

Indikator

1. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

2. Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

3. Membedakan metamorfosis dan metagenesis.

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan.

2. Membedakan pertumbuhan dan perkembangan.

3. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

4. Mengetahui pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman.

5. Menyebutkan tiga daerah pertumbuhan terminal pada tumbuhan.

6. Membedakan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

7. Mengetahui pertumbuhan yang terjadi pada tanaman.

8. Menjelaskan pengertian metagenesis.

9. Menjelaskan proses metagenesis yang terjadi pada tumbuhan paku.

10. Menjelaskan proses metagenesis yang terjadi pada ubur-ubur.

11. Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan embrionik.

12. Menyebutkan tahapan-tahapan pembelahan zigot.

13. Mengetahui pertumbuhan yang terjadi pada hewan.

14. Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan pasca embrionik.

15. Menjelaskan pengertian metamorfosis.

16. Membedakan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

17. Menyebutkan contoh organisme yang mengalami metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

B. Materi Pembelajaran

Pertumbuhan dan Perkembangan

C. Metode Pembelajaran

1. Model : - Direct Instruction (DI)

- Cooperative Learning

2. Metode : - Diskusi kelompok

- Eksperimen

- Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan

l Motivasi dan Apersepsi:

- Pernahkah kalian memperhatikan mengapa seorang bayi mungil dapat berubah menjadi anak kecil?

- Bagian manakah dalam tumbuhan yang mengalami pertumbuhan terminal?

l Prasyarat pengetahuan:

- Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan?

- Apakah yang dimaksud dengan pertumbuhan terminal?

l Pra eksperimen:

- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti

l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.

l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pertumbuhan dan perkembangan.

l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (gen, nutrisi, hormon, dan lingkungan).

l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah kardus mie instan dan dua pot yang baru tumbuh.

l Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman (Kegiatan 1.1 h.9).

l Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.

l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pertumbuhan terminal.

l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya perbedaan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

l Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen guna mengetahui pertumbuhan yang terjadi pada tanaman (Kegiatan 1.3 h.12-13).

l Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan pot kecil yang dilubangi bagian bawahnya, penggaris, tanah yang subur, dan biji jagung atau beras.

l Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.

l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.

l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup

l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA

a. Kegiatan Pendahuluan

l Motivasi dan Apersepsi:

- Bagaimana tahapan perkembangan embrio pada hewan?

- Bagaimana proses metamorfosis pada kupu-kupu?

l Prasyarat pengetahuan:

- Apakah yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan embrio?

- Apakah yang dimaksud dengan metamorfosis?

l Pra eksperimen:

- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti

l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.

l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian metagenesis.

l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai metagenesis pada tumbuhan paku dan ubur-ubur.

l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pertumbuhan dan perkembangan embrionik.

l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai tahapan-tahapan pembelahan zigot.

l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil penggaris atau meteran, timbangan, dan hewan peliharaan yang masih kecil (sedang dalam masa pertumbuhan) misalnya kucing, anjing atau mencit.

l Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen guna mengetahui pertumbuhan yang terjadi pada hewan (Kegiatan 1.5 h.16-17).

l Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.

l Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pertumbuhan dan perkembangan pasca embrionik.

l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

l Peserta didik memperhatikan tayangan video mengenai pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan hewan yang telah dipersiapkan oleh guru.

l Peserta didik dengan kelompoknya membuat kesimpulan dari hasil diskusi.

l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.

l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup

l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

E. Sumber Belajar

a. Buku IPA Biologi Jl.2 (Esis) halaman 1-21

b. Carta metamorfosis dan metagenesis

c. Video pertumbuhan dan perkembangan

d. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar

a. Teknik Penilaian:

- Tes tertulis

b. Bentuk Instrumen:

- Tes isian

- Tes uraian

c. Contoh Instrumen:

- Instrumen tes isian

Pergiliran keturunan antara fase aseksual dan fase seksual secara bergantian pada makhluk hidup disebut ....

- Contoh tes uraian

Jelaskan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

...............,......................

Mengetahui

Kepala SMP Guru Mata Pelajaran

......................... ..............................

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah : SMP

Kelas : VIII (Delapan)

Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI

Standar Kompetensi

1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar

1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia.

Indikator

1. Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa.

2. Membedakan ciri anak-anak dan remaja.

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Menyebutkan tahapan pada masa pembuahan sampai lahir.

2. Menjelaskan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim ibu.

3. Menyebutkan tahapan pada masa setelah lahir.

4. Menjelaskan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan pada masa anak-anak.

5. Menjelaskan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan pada masa remaja.

6. Menjelaskan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan pada masa dewasa.

7. Menjelaskan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan pada masa manula.

8. Mengelompokkan variasi manusia berdasarkan tahap perkembangan manusia.

9. Menjelaskan ciri-ciri remaja yang mengalami pubertas.

B. Materi Pembelajaran

Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia

C. Metode Pembelajaran

1. Model : - Direct Instruction (DI)

- Cooperative Learning

2. Metode : - Diskusi kelompok

- Observasi

- Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan

l Motivasi dan Apersepsi:

- Sebutkan tahapan masa pembuahan sampai lahir.

- Mengapa seorang perempuan mengalami menstruasi?

l Prasyarat pengetahuan:

- Bagaimana tahapan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim ibu?

- Apakah ciri-ciri perempuan yang mengalami pubertas?

b. Kegiatan Inti

l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.

l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan masa pembuahan sampai lahir dan masa setelah lahir.

l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan tahapan masa pembuahan sampai lahir (masa dalam kandungan ibu).

l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan ciri-ciri tahapan masa pembuahan sampai lahir.

l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.

l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia pada masa setelah lahir.

l Guru membagi tugas kelompok:

- 2 kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi karakteristik masa anak-anak.

- 2 kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi karakteristik masa remaja.

- 2 kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi karakteristik masa dewasa.

- 2 kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi karakteristik masa manula.

l Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.

l Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.

l Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.

l Guru memberikan penghargaan atau komentar tentang apa yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

l Peserta didik memperhatikan tayangan video mengenai pertumbuhan dan perkembangan manusia yang telah dipersiapkan oleh guru.

l Peserta didik mengelompokkan variasi manusia berdasarkan tahap perkembangan manusia dengan menggunakan gambar-gambar yang berasal dari majalah, koran, dan tabloid untuk dijadikan poster.

l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan ciri-ciri remaja yang mengalami pubertas.

l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.

l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup

l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar

a. Buku IPA Biologi Jl.2 (Esis) halaman 22-34

b. Carta pertumbuhan dan perkembangan pada manusia

c. Video pertumbuhan dan perkembangan manusia

F. Penilaian Hasil Belajar

a. Teknik Penilaian:

- Tes tertulis

b. Bentuk Instrumen:

- Tes isian

- Tes uraian

c. Contoh Instrumen:

- Instrumen tes isian

Setelah terjadi pembuahan ovum oleh sperma, zigot akan tumbuh menjadi ....

- Contoh tes uraian

Jelaskan ciri-ciri seks sekunder pada remaja perempuan yang mengalami masa pubertas.

...............,......................

Mengetahui

Kepala SMP Guru Mata Pelajaran

......................... ..............................

NIP. NIP.


catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar