Senin, 27 April 2009

RPP PAI kls IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP) 1.1

Sekolah

:

SMP

Mata Pelajaran

:

Pendidikan Agama Islam

Kelas /Semester

:

IX/1

Standar Kompetensi

:

1. Memahami Al-Qur’an surat at-Tin

Kompetensi Dasar

:

1.1. Menampilkan bacaan QS at-Tin dengan tartil dan benar

Indikator

· Membaca surat at-Tin dengan fasih

· Menyalin surat at-Tin dengan benar

· Hafal surat at-Tin dengan lancar

Alokasi Waktu

:

2 X 40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat membaca surat at-Tin dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar

Materi Pembelajaran

  • Surat at-Tin

Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tutor sebaya
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti

· Guru mendemonstrasikan bacaan surat at-Tin.

· Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.

· Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup

· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar

· Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga

· LKS MGMP PAI SMP

· Mushaf Al-Quran

Penilaian

Teknik

· Tes unjuk kerja

Bentuk Instrumen

· Tes identifikasi

Instrumen

Bacalah surat at-Tin dengan fasih, kemudian hafalkan!

Semarang, Juli 2006

Mengetahui Guru Mapel PAI

Kepala Sekolah

_________________ _________________

NIP NIP

Saran Kepala Sekolah :

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP) 1.2

Sekolah

:

SMP

Mata Pelajaran

:

Pendidikan Agama Islam

Kelas /Semester

:

IX/1

Standar Kompetensi

:

1. Memahami Al-Qur’an surat at-Tin

Kompetensi Dasar

:

1.2. Menyebutkan arti QS at-Tin

Indikator

· Membaca arti mufradad surat at-Tin

· Mengartikan surat at-Tin

· Menjelaskan kandungan ayat surat at-Tin

Alokasi Waktu

:

1 X 40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat membaca arti mufradad surat at-Tin, mengartikan surat at-Tin, dan dapat menjelaskan kandungan ayat surat at-Tin.

Materi Pembelajaran

  • Arti mufradad surat at-Tin
  • Arti surat at-Tin
  • Kandungan ayat surat at-Tin

Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

  • Apresepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti

· Siswa membaca arti mufradad.

· Siswa berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.

· Tutor sebaya menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup

· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar

· Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga

· LKS MGMP PAI SMP

· Mushaf Al-Quran

· VCD pembelajaran

Penilaian

Teknik

Tes tertulis

Bentuk Instrumen

· Tes isian

· Tes uraian

Instrumen

1. Lafaz وطور سينين artinya ....

2. Lafaz لقد خلقنا artinya ....

3. Lafaz أحسن تقويم artinya ....

4. Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!

5. Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!

Semarang, Juli 2006

Mengetahui Guru Mapel PAI

Kepala Sekolah

_________________ _________________

NIP NIP

Saran Kepala Sekolah :

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP) 1.3

Sekolah

:

SMP

Mata Pelajaran

:

Pendidikan Agama Islam

Kelas /Semester

:

IX/1

Standar Kompetensi

:

1. Memahami Al-Qur’an surat at-Tin

Kompetensi Dasar

:

1.3. Menyebutkan arti QS at-Tin

Indikator

· Mensimulasikan sikap beramal shaleh

· Membiasakan diri bersikap beramal shaleh dalam kehidupan sehari-hari

Alokasi Waktu

:

1 X 40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat mensimulasikan sikap berserah sikap beramal shaleh serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Pembelajaran

  • ٍikap beramal shaleh
  • Pembiasaan diri bersikap beramal shaleh dalam kehidupan sehari-hari

Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

  • Apresepsi

Kegiatan Inti

· Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.

· Siswa melaporkan kegiatannya.

Kegiatan Penutup

· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar

· Buku PAI Kelas IX Tim Abdi Guru , Penerbit Erlangga

· LKS MGMP PAI SMP

· Mushaf Al-Quran

· VCD pembelajaran

Penilaian

Teknik

Penilaian diri

Bentuk Instrumen

· Lembar penilaian diri /skala sikap

Instrumen

Pernyataan

Selalu

Sering

Jarang

Tidak Pernah

Skor 0

Skor 1

Skor 2

Skor 3

1

Saya melaksanakan perintah orang tua kalau diberi hadiah

2

Ketika ulangan saya berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek

3

Ketika teman-teman merokok saya ikut-ikutan

4

Saya tidak usah berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT

5

Saya telat membayar uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar

Semarang, Juli 2006

Mengetahui Guru Mapel PAI

Kepala Sekolah

_________________ _________________

NIP NIP

Saran Kepala Sekolah :

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................

catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar