Senin, 27 April 2009

RPP B.INGGRIS KLS X

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran :B. Inggris

Kelas/Semester : X/1

Pertemuan ke : 1

Alokasi Waktu : 3 x 45 menit

Standar Kompetensi

1. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog sedehana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer.

2. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog

berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar

1. Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount.

2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secar aakurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount.

Indikator

1. Merespon teks monolog berbentuk recount,

2. Melakukan teks monolog berbentuk recount

  1. Tujuan Pembelajaran

· Siswa dapat merespon teks monolog sederhana berbentuk recount

· Siswa dapat melakukan tteks monolog lisan berbentuk recount

  1. Materi Pokok

Teks monolog berbentuk recount contohnya:



An Excursion to Bogor Botanic Garden

All right, everybody, I’ll tell you about this great place.

On Friday 16 March we went to Bogor Botanic Garden. We went there by bus and we arrived at that famous garden at 10 o’clock.

Arriving at the garden, we were divided into two groups. Group A followed Mrs. Nina and Group B followed Mr. Ahmad. I was in group A. Well, first we went to odd tropical plants and Mrs. Nina read us some of the information. Then, we looked at all the lovely plants. After that, we went to a little spot near the Raffles cemetery and had morning tea. Next, we did some sketching and then we met group B at the information center to have our lunch.

Soon, it was time for us to go to the orchid section while Group B did some research on flowers. Uhm…A lady led us to the orchid section. Then, she explained about many kinds of Orchids.

Next, we had a look at the Indonesian orchid. Wow, we saw many kinds of Indonesian orchids. They were all beautiful. Later, we took a look at the American, European and Asian orchid’s section. I was interesting. Soon after we had finished our observations, we went back outside and met group B. Then, we got on the bus and returned to school. We really enjoyed the trip and to Bogor Botanic Garden.


  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique

  1. Langkah-langkah Kegiatan
    • Kegiatan Awal (10’)

§ Tanya-jawab mengenai kesukaan siswa membaca komik

· Kegiatan Inti (115’)

§ Siswa membaca comic strip yang berbentuk teks recount

§ Siswa mempraktekkan dialog yang dilakukan pada comic strip dengan pasangannya

§ Siswa membuat dialog seperti model pada comic strip

§ Siswa mendengarkan dan melafalkan kata yang tersedia di buku

§ Siswa melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai

§ Siswa mendengarkan teks monolog lisan berbentuk teks recount sambil melengkapi teks tersebut.

§ Siswa merespon isi teks dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan beberapa kosakata.

§ Siswa menjawab pertanyaan mengenai teks monolog lisan berbentuk teks recount yang didengarnya

· Kegiatan Akhir (10’)

§ Siswa menyimpulkan kegiatan yang pembelajaran yang

dilakukan

  1. Sumber/Bahan/Alat

· Buku Look Ahead 1 (hal 1-4)

· Kaset/CD

· Tape

· Script dari Look Ahead 1

  1. Penilaian

· Teknik: Performance Assessment (responding)

· Bentuk: Pertanyaan lisan

Mengetahui …………………,….

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

______________________ __________________

NIP. NIP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran :B. Inggris

Kelas/Semester : X/1

Pertemuan ke : 2

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi

1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

2. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer.

Kompetensi Dasar

1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima menggunakan ragam bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur:berkenalan, bertemu dan berpisah.

2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur:

berkenalan, bertemu dan berpisah.

Indikator

1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.

2. Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: berkenalan, bertemu dan berpisah.

  1. Tujuan Pembelajaran

· Siswa dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.

· Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: : berkenalan, bertemu dan berpisah.

  1. Materi Pokok

Percakapan/dialog dan pernyataan yang memuat ungkapan–ungkapan berikut

Berkenalan, bertemu/berpisah

mis


A: Hello,Soraya

B:How do you do Sir

A: Hi lizzy. How areyou?

B: excellent


  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique

  1. Langkah-langkah Kegiatan

    • Kegiatan Awal (10’)

§ Siswa menganalisa ungkapan pembuka pada teks monolog berbentuk recount sebelumnya

· Kegiatan Inti (70’)

§ Siswa membaca penjelasan pada buku teks bahwa greetings dapat digunakan sebagai salah satu cara ungkapan pembuka untuk teks monolog berbentuk recount

§ Siswa membaca ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.

§ Siswa melafalkan ungkapan-ungkapan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.

§ Siswa mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang berisikan ungkapan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.melalui tape secara klasikal.

§ Siswa melengkapi dialog tersebut

§ Siswa mempraktekkan dialog tersebut

§ Siswa memberikan response terhadap situasi yang diberikan secara lisan

· Kegiatan Akhir (10’)

§ Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.

  1. Sumber/Bahan/Alat

· Buku Look Ahead 1 (hal 5-7)

· Kaset/CD

· Tape

· Script dari Look Ahead 1

  1. Penilaian

· Teknik: Performance Assessment (responding)

· Bentuk: Pertanyaan lisan & dialog

Mengetahui …………………,….

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

______________________ __________________

NIP. NIP.

catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar