Senin, 27 April 2009

RPP MATEMATIKA kls VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah : SMP dan MTs

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas : VII (Tujuh)

Semester : 1 (Satu)

Standar Kompetensi : ALJABAR

2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Kompetensi Dasar : 2.1. Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.

Indikator : Menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.

B. Materi Ajar

Aljabar dan Aritmetika Sosial, yaitu mengenai:

a. Mengenal bentuk aljabar.

b. Memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar.

c. Menjelaskan pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.

- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

Kegiatan Inti

a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal. 103-105 mengenai mengenal bentuk aljabar, hal. 105-107 mengenai memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar, dan hal. 108-109 mengenai pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis).

b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.

c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 106 mengenai pemodelan suatu pernyataan menjadi bentuk aljabar.

d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 104-105 mengenai pengenalan terhadap bentuk aljabar, hal. 106-107 mengenai . pemodelan suatu pernyataan menjadi bentuk aljabar, dan hal. 108-109 mengenai penentuan koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis dari suatu bentuk aljabar.

e. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 104-109.

Penutup

a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.

b. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 104-109 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :

- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal. 103-109.

- Buku referensi lain.

Alat :

- Laptop

- LCD

- OHP

F. Penilaian

Teknik : tugas individu.

Bentuk Instrumen : uraian singkat.

Contoh Instrumen :

Dari bentuk aljabar , tentukan koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.

Jakarta,............................................

Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika

Kepala Sekolah

_______________________ _______________________

NIP. NIP.


Kompetensi Dasar : 2.2. Melakukan operasi pada bentuk aljabar.

Indikator : Menyelesaikan operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, dan akar) pada bentuk aljabar dan pecahan aljabar dengan penyebut suku tunggal menggunakan sifat-sifat operasi hitung.

Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyelesaikan operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, dan akar) pada bentuk aljabar dan pecahan aljabar dengan penyebut suku tunggal menggunakan sifat-sifat operasi hitung.

B. Materi Ajar

Aljabar dan Aritmetika Sosial, yaitu mengenai:

a. Menyelesaikan operasi bentuk aljabar.

b. Menyelesaikan operasi bentuk pecahan aljabar.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Ø Pertemuan Pertama dan Kedua

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.

- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

- Membahas PR.

Kegiatan Inti

a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, dan akar) pada bentuk aljabar dan pecahan aljabar dengan penyebut suku tunggal menggunakan sifat-sifat operasi hitung, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal. 109-119 mengenai menyelesaikan operasi bentuk aljabar, hal. 120-122 mengenai menyelesaikan operasi bentuk pecahan aljabar, hal. 123-124 mengenai memecahkan masalah yang melibatkan bentuk aljabar).

b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, dan akar) pada bentuk aljabar dan pecahan aljabar dengan penyebut suku tunggal menggunakan sifat-sifat operasi hitung.

c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 110-111 mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan ubin aljabar, hal. 114-115 mengenai cara menyederhanakan bentuk aljabar dengan menggunakan sifat komutatif, asosiatif, atau distributif, hal. 117 mengenai cara menyelesaikan operasi kali, bagi, pangkat, dan akar suku sejenis dan tidak sejenis, hal. 120-121 mengenai cara menyelesaikan operasi bentuk pecahan aljabar, dan hal. 123 mengenai cara menyelesaikan masalah yang melibatkan bentuk aljabar.

d. Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 114 mengenai penggunaan sifat distributif untuk menyederhanakan suatu bentuk aljabar, hal. 115 mengenai penyederhanaan bentuk aljabar.

e. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 111-113 mengenai penggunaan ubin aljabar untuk menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar, hal. 115-116 mengenai penyederhanaan bentuk aljabar dengan menggunakan sifat komutatif, asosiatif, atau distributif, hal. 118-119 mengenai penyelesaian operasi penjumlahan, kali, bagi, pangkat, dan akar suku sejenis dan tidak sejenis, hal. 121-122 mengenai penyelesaian operasi bentuk pecahan aljabar, dan hal. 124 mengenai pemecahan masalah yang melibatkan bentuk aljabar, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 109-110 mengenai penyelesaian penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan ubin aljabar, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.

g. Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 118, 121, dan 123.

h. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai bentuk aljabar, memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar, pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis, menyelesaikan operasi bentuk aljabar dan pecahan aljabar, dan cara memecahkan masalah yang melibatkan bentuk aljabar, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

Penutup

a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.

b. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 111-113, 115-116, 118-119, 121-122, dan 124 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

Ø Pertemuan Ketiga

Pendahuluan : Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bentuk aljabar, memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar, pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis, menyelesaikan operasi bentuk aljabar dan pecahan aljabar, dan cara memecahkan masalah yang melibatkan bentuk aljabar.

Kegiatan Inti

a. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.

b. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.

c. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.

d. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Penutup

Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang penerapan oprasi aljabar dalam kegiatan ekonomi.

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :

- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal. 109-124.

- Buku referensi lain.

Alat :

- Laptop

- LCD

- OHP

F. Penilaian

Teknik : tugas individu, kuis, ulangan harian.

Bentuk Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.

Contoh Instrumen :

1. Hitunglah.

a. 4 + (-6)

b. –14 – (–20)

c. 3 ´ (–7 + 10)

d. 18 : (–3)

2. Sebuah tabung berisi 3 liter campuran alkohol – air 20%. Berapa liter campran alkohol – air 70% harus ditambahkan agar campuran itu menjadi campuran alkohol – air 40%.

3. Nilai jika adalah ….

a. 45 c. 21

b. -15 d. 39



catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar