Senin, 27 April 2009

RPP GEOGRAFI KLS IX

BAB 1. NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia

Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasikan ciri-ciri negara berkembang dan negara maju

Indikator : - Menjelaskan pengertian negara maju dan negara berkembang

- Mengidentifikasikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang

Alokasi Waktu : 1x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu untuk:

- Mendeskripsikan pengertian negara maju dan negara berkembang

- Mendeskripsikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang

B. Materi Pembelajaran

- Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang

- Ciri-ciri Negara Maju dan Negara Berkembang

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, life skills, dan penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit

· Memberi salam dan mengabsen.

· Apersepsi materi: guru menceritakan tentang masalah kependudukan yang dialami oleh negara-negara di dunia kemudian menghubungkannya dengan penggolongan dunia menjadi negara-negara maju dan negara-negara berkembang.

2. Kegiatan Inti: 30 menit

· Guru menjelaskan secara garis besar mengenai pengertian dan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang (hal 2 – 5) dengan menggunakan data dari World Population Datasheet 2006.

· Siswa menyebutkan kembali pengertian negara maju dan negara berkembang dengan menggunakan bahasanya sendiri.

· Secara individu, siswa membuat peta pikiran yang menarik tentang ciri-ciri negara maju dan negara berkembang.

3. Kegiatan Penutup: 5 menit

· Bersama-sama menarik kesimpulan materi.

· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar

- Kurikulum KTSP dan perangkatnya

- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS

- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS

- Buku-buku penunjang yang relevan

- World Population Datasheet 2006

- OHP/ Slide Proyektor

- Internet

F. Penilaian

  1. Penilaian Tanya Jawab

Rubrik Penilaian

Aspek yang dinilai

Nilai

kualitatif

Nilai

kuantitatif

Deskripsi

(Alasan)

Pemahaman tentang negara maju dan negara berkembang

Kemampuan merumuskan pengertian negara maju dan negara berkembang dengan tepat

Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain

Kemampuan penggunaan bahasa yang baik

Keaktifan

Nilai rata-rata

Komentar

Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Memuaskan

4

> 80

Baik

3

68 - 79

Cukup

2

56 - 67

Kurang

1

<>

  1. Penilaian Produk: membuat peta pikiran tentang ciri-ciri negara maju dan negara berkembang

Rubrik Penilaian Produk*)

Aspek yang dinilai

Nilai

kualitatif

Nilai

kuantitatif

Deskripsi

(Alasan)

Peta pikiran menguraikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang dengan singkat dan jelas

Kerapihan dan kebersihan peta pikiran

Pemakaian warna yang sesuai

Nilai rata-rata

Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian F.1!

Mengetahui, …………., ……………………..

Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi

____________________________ _________________________

NIP/NRK. NIP/NRK.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia

Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasikan ciri-ciri negara berkembang dan negara maju

Indikator : Mengidentifikasi persebaran negara maju dan negara berkembang

Alokasi Waktu : 1x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu untuk:

- Mendeskripsikan persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.

- Menganalisis faktor yang memengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.

B. Materi Pembelajaran

Persebaran negara-negara maju dan negara-negara berkembang di dunia

C. Metode Pembelajaran

Pendekatan model ICT dan life skills, tanya jawab, dan penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Kedua

1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit

· Memberi salam dan mengabsen.

· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang yang telah dipelajari.

2. Kegiatan Inti: 30 menit

· Tanya jawab tentang faktor-faktor yang memengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.

· Secara berkelompok, siswa membuat peta persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.

3. Kegiatan Penutup: 5 menit

· Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.

· Penugasan individu, membuat paper mengenai contoh negara maju dan negara berkembang di dunia. Tugas ini dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar

- Kurikulum KTSP dan perangkatnya

- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS

- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS

- Buku-buku penunjang yang relevan

- Peta Dunia

- World Population Datasheet 2006

- OHP/ Slide Proyektor

- Internet

F. Penilaian

1. Penilaian Tanya Jawab

Rubrik Penilaian

Aspek yang dinilai

Nilai

kualitatif

Nilai

kuantitatif

Deskripsi

(Alasan)

Kemampuan mengidentifikasi masalah

Kemampuan merumuskan masalah

Kemampuan menganalisis masalah

Kemampuan memecahkan masalah

Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain

Kemampuan penggunaan bahasa yang baik

Keaktifan dalam kelas

Nilai rata-rata

Komentar

Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Memuaskan

4

> 80

Baik

3

68 - 79

Cukup

2

56 - 67

Kurang

1

<>

2. Penilaian tugas kelompok : membuat peta persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.

Rubrik Penilaian Produk*)

Aspek yang dinilai

Nilai

kualitatif

Nilai

kuantitatif

Deskripsi

(Alasan)

Kelengkapan komponen peta

Kerapihan dan kejelasan komponen peta

Pemakaian warna yang sesuai

Kebersihan dan kerapihan peta

Kerja sama dalam kelompok

Nilai rata-rata

Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian F.1!

Mengetahui, …………., ……………………..

Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi

____________________________ _________________________

NIP/NRK. NIP/NRK.






catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar