BAB 1. NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasikan ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Indikator : - Menjelaskan pengertian negara maju dan negara berkembang
- Mengidentifikasikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan pengertian negara maju dan negara berkembang
- Mendeskripsikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang
- Ciri-ciri Negara Maju dan Negara Berkembang
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menceritakan tentang masalah kependudukan yang dialami oleh negara-negara di dunia kemudian menghubungkannya dengan penggolongan dunia menjadi negara-negara maju dan negara-negara berkembang.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan secara garis besar mengenai pengertian dan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang (hal 2 – 5) dengan menggunakan data dari World Population Datasheet 2006.
· Siswa menyebutkan kembali pengertian negara maju dan negara berkembang dengan menggunakan bahasanya sendiri.
· Secara individu, siswa membuat peta pikiran yang menarik tentang ciri-ciri negara maju dan negara berkembang.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- World Population Datasheet 2006
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian Tanya Jawab
Rubrik Penilaian
| Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pemahaman tentang negara maju dan negara berkembang | | | | |
| Kemampuan merumuskan pengertian negara maju dan negara berkembang dengan tepat | | | | |
| Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
| Kemampuan penggunaan bahasa yang baik | | | | |
| Keaktifan | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar | ||||
Kriteria Penilaian:
| Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
| Memuaskan | 4 | > 80 |
| Baik | 3 | 68 - 79 |
| Cukup | 2 | 56 - 67 |
| Kurang | 1 | <> |
- Penilaian Produk: membuat peta pikiran tentang ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
Rubrik Penilaian Produk*)
| Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Peta pikiran menguraikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang dengan singkat dan jelas | | | | |
| Kerapihan dan kebersihan peta pikiran | | | | |
| Pemakaian warna yang sesuai | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar | ||||
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian F.1!
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasikan ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Indikator : Mengidentifikasi persebaran negara maju dan negara berkembang
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.
- Menganalisis faktor yang memengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.
B. Materi Pembelajaran
Persebaran negara-negara maju dan negara-negara berkembang di dunia
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skills, tanya jawab, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang yang telah dipelajari.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Tanya jawab tentang faktor-faktor yang memengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.
· Secara berkelompok, siswa membuat peta persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
· Penugasan individu, membuat paper mengenai contoh negara maju dan negara berkembang di dunia. Tugas ini dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta Dunia
- World Population Datasheet 2006
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Penilaian Tanya Jawab
Rubrik Penilaian
| Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
| Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
| Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
| Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
| Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
| Kemampuan penggunaan bahasa yang baik | | | | |
| Keaktifan dalam kelas | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar | ||||
Kriteria Penilaian:
| Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
| Memuaskan | 4 | > 80 |
| Baik | 3 | 68 - 79 |
| Cukup | 2 | 56 - 67 |
| Kurang | 1 | <> |
2. Penilaian tugas kelompok : membuat peta persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.
Rubrik Penilaian Produk*)
| Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Kelengkapan komponen peta | | | | |
| Kerapihan dan kejelasan komponen peta | | | | |
| Pemakaian warna yang sesuai | | | | |
| Kebersihan dan kerapihan peta | | | | |
| Kerja sama dalam kelompok | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar | ||||
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian F.1!
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar