Senin, 27 April 2009

RPP BIOLOGI KLS XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 1

Pertemuan : 1 dan 2

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran

Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

Tujuan : 1. Siswa mampu membuat preparat pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan, mengamati, dan menggambar hasil pengamatan

2. Siswa mampu menjelaskan perbedaan sel mati dan sel hidup, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel prokariotik dan sel eukariotik

I. Indikator

· Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan

· Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis

· Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati

· Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan

· Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel

· Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan sel eukariotik

II. Materi Ajar

· Struktur sel dan fungsi sel meliputi,

1. Membran sel

2. Sitoplasma

3. Inti sel

· Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

· Sel prokariotik dan sel eukariotik

III. Metode Pembelajaran

Pengamatan-diskusi-penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 jam pembelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)

· Guru memberi pengantar ruang lingkup materi tentang sel.

· Guru meminta siswa melakukan pengamatan sel dengan menggunakan Kegiatan 1.3 dan 1.4.

B. Kegiatan inti (70 menit)

· Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat pengamatan mikroskopis sel tumbuhan dan sel hewan.

· Siswa mengambil alat dan bahan untuk praktek pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan.

· Siswa membuat preparat sel tumbuhan kemudian mengamati di bawah mikroskop

· Siswa menggambar hasil pengamatan.

· Siswa membuat preparat sel hewan kemudian mengamatinya di bawah mikroskop

· Siswa menggambar hasil pengamatan.

· Siswa membuat laporan hasil pengamatan.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

· Siswa dan guru menyimpulkan struktur sel yang dapat diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya dan fungsinya.

· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.

· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)

· Guru menanyakan kembali perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

B. Kegiatan Inti (70 menit)

· Guru menunjukkan gambar sel-sel gabus dan sel hewan/sel tumbuhan.

· Siswa diminta membedakan sel hewan/sel tumbuhan dengan sel gabus.

· Siswa diminta memberi nama bagian-bagian sel hewan dan tumbuhan dan fungsinya

· Guru menunjukkan gambar sel bakteri.

· Siswa diminta membedakan struktur sel hewan/sel tumbuhan dengan sel bakteri.

· Siswa menyimpulkan perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik.

C. Kegiatan Akhir (10 menit)

· Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan sel hidup dan sel mati, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel eukariotik dan sel prokariotik.

V. Alat/Bahan/Sumber

· Buku Kerja Biologi 2A, Ign Khristiyono, Esis

· Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1

· Mikroskop

· Lembar Kegiatan 1.3 dan 1.4

VI. Penilaian

· Laporan hasil pengamtan sel

· Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 1

Pertemuan : 3

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

Kompetensi Dasar : 1.2 Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan

Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi organel-organel sel

I. Indikator

· Menyebutkan nama-nama organel sel pada gambar sel

· Menjelaskan fungsi organel-organel sel

II. Materi Ajar

Organel-organel sel dan fungsinya

III. Metode Pembelajaran

Diskusi-Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (20 menit)

· Guru menunjukkan gambar sel berdasarkan hasil pengamatan dengan mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.

· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan prinsip mikroskop cahaya dan mikroskop elektron

B. Kegiatan inti (60 menit)

· Guru bersama siswa mendiskusikan organel-organel sel yang terdapat dalam sel.

· Siswa bersama guru mendiskusikan dan menjelaskan struktur dan fungsi organel- organel sel.

· Siswa bersama guru mengidentifikasi perbedaan organel sel yang terdapat dalam sel hewan dan sel tumbuhan.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

· Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan fungsi organel sel.

· Guru menugaskan siswa utnuk membuat poster sel dengan menggunakan Kegiatan 1.6.

V. Alat/Bahan/Sumber

· Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis

· Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1

· Gambar sel

· Lembar kegiatan 1.6

VI. Penilaian

· Poster tentang sel

· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama KD 1.1)


catatan: kita bisa tampilkan rpp bab lain jika anda membutuhkannya.
silahkan request ke gunawantobing@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar