Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.1
Sekolah | : | SMP ............................ |
Mata Pelajaran | : | Pendidikan Agama Islam |
Kelas / Semester | : | VII / 1 |
Standar Kompetensi | : | 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah |
Kompetensi Dasar | : | 1.1. Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah |
Indikator | | · Menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah · Menjelaskan pengertian "Al" Qamariyah · Menyebutkan huruf-huruf Syamsiyah · Menyebutkan huruf-huruf Qamariyah |
Alokasi Waktu | : | 1 X 40 menit ( 1 pertemuan) |
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah, "Al" Qamariyah dan menyebutkan huruf-huruf Syamsiyah maupun Qamariyah.
Materi Pembelajaran
- Pengertian "Al" Syamsiyah
- Pengertian "Al" Qamariyah
- Huruf-huruf Syamsiyah
- Huruf-huruf Qamariyah
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam Qamariyah.
· Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian “Al” Syamsiyah dan Qamariyah
· Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf syamsiyahd an qamariyah dalam kelompok masing-masing.
· Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah, menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
· Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
· LKS MGMP PAI SMP
· Mushaf Al-Qur’an
· VCD pembelajaran
Penilaian
Teknik
· Tes tertulis
Bentuk Instrumen
· Tes uraian
Instrumen
1. Jelaskan pengertian “Al” Syamsiyah ! 2. Sebutkan huruf-huruf syamsiyah ! 3. Jelaskan pengertian “Al” Qamariyah ! 4. Sebutkan huruf-huruf qamariyah! 5. Apakah arti lafal syamsiyah? 6. Apakah arti lafaz qamariyah? 7. Mengapa “Al” Syamsiyah disebut juga idgham syamsiyah? 8. Mengapa “Al” Qamariyah disebut juga izhar qamariyah? |
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.2
Sekolah | : | SMP |
Mata Pelajaran | : | Pendidikan Agama Islam |
Kelas / Semester | : | VII / 1 |
Standar Kompetensi | : | 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah |
Kompetensi Dasar | : | 1.2. Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah |
Indikator | | · Membedakan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan "Al" Qamariyah dari segi tulisan. · Membedakan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan "Al" Qamariyah dari segi bacaan. |
Alokasi Waktu | : | 1 X 40 menit ( 1 pertemuan) |
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dari segi tulisan maupun bacaan.
Materi Pembelajaran
- Perbedaan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan "Al" Qamariyah dari segi tulisan.
- Perbedaan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan "Al" Qamariyah dari segi bacaan.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai pengertian “Al” Syamsiyah dan Qamariyah.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
· Guru memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dan qamariyah, siswa diperintahkan mencari pebedaannya dari segi tulisan.
· Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh “Al” Syamsiyah dan qamari-yah bersama kelompoknya masing-masing.
· Guru mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang mengandung bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam Qamariyah, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
· Siswa menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan “Al” Syamsiyah dan Qamariyah.
Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
· Guru memberi tugas agar siswa mengerjakan LKS di rumah.
Sumber Belajar
· Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
· LKS MGMP PAI SMP
· Mushaf Al-Qur’an
· VCD pembelajaran
Penilaian
Teknik:
Tes tertulis
Bentuk Instrumen:
Tes isian
Instrumen:
1. Lafaz اَلْغَفُوْرُ mengandung bacaan “Al” 2. Lafaz اَلسَّلاَمُ mengandung bacaan “Al” 3. Ayat غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ mengandung bacaan “Al” 4. Ayat قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسٍ mengandung bacaan “Al” 5. Ketika membaca “Al” Syamsiyah, bunyi lam-nya melebur ke dalam huruf sesudahnya, sedangkan ketika membaca “Al” Qamariyah bunyi lam-nya |
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 1.3
Sekolah | : | SMP |
Mata Pelajaran | : | Pendidikan Agama Islam |
Kelas / Semester | : | VII / 1 |
Standar Kompetensi | : | 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah |
Kompetensi Dasar | : | 1.3. Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar. |
Indikator | | · Mepraktekkan bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat pilihan · Mempraktekkan bacaan "Al" Qamariyah dalam ayat-ayat pilihan |
Alokasi Waktu | : | 2 X 40 menit ( 1 pertemuan) |
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mepraktekkan bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat pilihan dengan benar.
Materi Pembelajaran
- Bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan "Al" Qamariyah dalam ayat-ayat pilihan
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
· Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan “Al’ Syamsiyah dan Qamariyah.
· Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
· Guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber Belajar
· Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
· LKS MGMP PAI SMP
· Mushaf Al-Qur’an
· VCD pembelajaran
Penilaian
Teknik
Tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen
Tes identifikasi
Instrumen
Bacalah potongan-potongan ayat berikut dengan memperhatikan bacaan “Al” Syamsiyah dan Qamariyah!
قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ! كَلاَّ لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ
الَّذِينَ امَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ! أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ
كَلاَّ لَوْ تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِيْنِ ! يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيْمِ
Rubrik/Pedoman penilaian:
Aspek yg dinilai | Indikator kemampuan | Nilai |
· Kelancaran · Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah · Makhraj | · Membaca dengan lancar · Tidak melakukan kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya | 100 |
· Membaca dengan lancar · Melakukan 1-2 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya | 90 | |
· Melakukan 3-4 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya | 80 | |
· Melakukan 5-6 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya | 70 | |
· Melakukan 7-8 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya | 60 | |
· Melakukan lebih dari 8 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya | 50 |
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar